Kejurnas Judo Piala Menpora jadi Ajang Seleksi Menuju SEA Games 2023

Menpora Zainudin Amali bersama Ketum PJSI Maruli Simanjuntak di Kejurnas Judo
Sumber :
  • PJSI

VIVA Sport – Pangkostrad sekaligus Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI), Letjen TNI Maruli Simanjuntak, secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Senior Piala Menpora RI 2022 yang digelar di GOR Kartika, Divisi Infranteri 1 Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Jumat 26 Agustus 2022.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Turnamen ini dijadwalkan digelar selama tiga hari mulai 26-28 Agustus 2022. Sebanyak 325 atlet dari 21 Pengprov seluruh Indonesia ikut serta di Kejurnas kali ini.

Kejuaraan ini mempertandingkan Kelas Senior Perorangan Putra dan Putri. Untuk kelas senior putra kelas di bawah 55 kg, kelas di bawah 60 kg, kelas di bawah 73 kg, kelas di bawah 81 kg, kelas di bawah 90 kg, kelas di bawah 100 kg, dan kelas di atas 100 kg. 

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Sedangkan, Senior Putri akan mempertandingkan kelas di bawah 45 kg, kelas di bawah 48 kg, kelas di bawah 52 kg, kelas di bawah 57 kg, kelas di bawah 63 kg, kelas di bawah 70 kg, kelas di bawah 78 dan kelas di atas 78 kg.

Selain itu, juga dipertandingkan Kategori Kata (Nage No Kata).

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Dalam sambutannya, Maruli menyampaikan Kejurnas ini nantinya bakal dijadikan salah satu medium untuk menjaring atlet pelatnas yang berjumlah 16 orang. Nantinya, mereka akan diproyeksikan untuk SEA Games 2023.

"Sebetulnya ini merupakan program rutin untuk seleksi pelatnas yang di program Kemenpora dimulai awal tahun depan. Tapi, kami akan berupaya harus dimulai pertengahan bulan depan. Karena persiapan kurang dari satu tahun itu berat," kata Maruli.

"Kami akan terus mencari bibit-bibit, kalau terlihat potensi akan kami panggil karena nantinya akan ada seleksi lagi hingga akhirnya terbentuk Timnas Judo untuk SEA Games 2023," lanjutnya.

Selain Maruli, acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Jenderal Purn Hendropriyono, Kapolda Sulawesi Tenggara, perwakilan NOC Indonesia (KOI), dan Pangdivif 1 Kostrad.

Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, juga berkesempatan hadir langsung sekaligus mendapatkan penyematan Sabuk DAN 5 Kehormatan oleh Sensei Tsuneo Sengoku yang didampingi oleh Ketum PJSI Letjen TNI Maruli Simanjutak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya