Mengangkat Gender Equality Lewat Olahraga Pole Dance

Komisi Women in Sport NOC Indonesia menggelar talkshow
Komisi Women in Sport NOC Indonesia menggelar talkshow
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Sport – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) kembali menggelar talkshow bertajuk Perempuan dalam Perjuangan Olahraga, Sabtu 27 Agustus 2022.

Tema yang diangkat kali ini berkaitan dengan pole dance. Beberapa narasumber yang hadir adalah Catherine (founder NYX Pole Dance Studio sekaligus pole dancer), Susan Soebakti (Ketua Komisi Women in Sport NOC Indonesia), dan Ameera R A (atlet gymnastic).

Catherine yang berkecimpung di pole dance sejak 2015 itu bercerita mengenai awal ketertarikannya pada olahraga ini. Menurutnya, olahraga ini cukup menantang lantaran melatih kelenturan tubuh.

Namun, dia juga tak menampik jika masih banyak terdapat komentar miring di masyarakat mengenai olahraga pole dance karena dianggap mengumbar lekuk tubuh dan sangat lekat dengan image seksi serta dinilai mendiskreditkan perempuan.

Tapi, Catherine meyakini jika seksi itu tak selalu berkonotasi negatif. Dia pun coba meminimalisir tudingan itu lewat olahraga.

"Menurut saya, kata seksi sekarang itu bukan hal yang konotasinya negatif, tidak seperti 15 atau 20 tahun lalu. Dan gak melulu terbatas di perihal pakaian dan pergerakan," ujar Catherine.

"Sementara kalau soal mendiskreditkan perempuan, saya rasa kita hidup di dunia yang sangat kental di budaya patriarki untuk mengapresiasi perempuan di segala bidang. Bukan hanya di bidang olahraga saja, itu sesuatu yang masih menjadi perjuangan kita semua," tambah dia.