Berkelas! Satria Muda Back To Back Juara IBL Usai Bekuk Pelita Jaya

Satria Muda vs Pelita Jaya di gim 2 final IBL 2022
Sumber :
  • Twitter/@IBLindonesia

VIVA Sport – Satria Muda Pertamina semakin menancapkan dominasinya setelah berhasil keluar sebagai juara Indonesian Basketball League (IBL) 2022.

Ada Pelita Jaya, Ini 4 Tim yang Lolos ke Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia di Jakarta

SM menjadi yang terbaik setelah kembali menaklukkan Pelita Jaya Bakrie pada gim 2 final IBL 2022 89-74 yang digelar di C'Tra Arena, Bandung, Minggu 28 Agustus 2022.

Kemenangan ini membuat SM secara back to back meraih juara IBL alias mempertahankan gelar lantaran musim sebelumnya juga menjadi pemenang setelah mengalahkan lawan yang sama. Ini sekaligus menjadi gelar ke-12 bagi SM di pentas kompetisi basket tertinggi Tanah Air.

Susul Pelita Jaya, Prawira Harum Bandung Tembus Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia

Jalannya Pertandingan

Tertinggal poin membuat Pelita Jaya langsung tancap gas sejak awal. Hardian Wicaksono membuka keunggulan PJ di laga ini.

Pelita Jaya Pastikan Tiket ke Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia di Jakarta

Andakara Prastawa mencatatkan tiga poin yang membuat PJ semakin menjauh 8-3. Tim asuhan Fictor Roring semakin perkasa setelah Dior Lowhorn membukukan poin dan menjadikan skor 18-7.

Setelahnya, SM mulai bangkit dan menipiskan ketinggalan. Sandi Ibrahim memulainya dengan tembakan tiga angka. Kemudian, selisih skor semakin dipangkas oleh Brachon Griffin juga dengan tiga angka yang membuat kuarter pertama berakhir 24-21 untuk keunggulan PJ.

SM langsung menyamakan kedudukan di awal kuarter kedua berkat tembakan tiga angka Antoni Erga. Duel semakin sengit di kuarter ini.

Pasalnya, kedua tim saling kejar-mengejar angka. Dan untuk pertama kalinya, SM balik memimpin dari sumbangan tiga angka Sandi Ibrahim 33-32.

Dari situ, SM terus memimpin perolehan poin dan bahkan semakin menjauh 47-39. Tim asuhan Youbel Sondakh itu pun memimpin 47-41 saat jeda paruh pertandingan.

Hardian Wicaksono membawa PJ menyamakan kedudukan 47-47 di kuarter ketiga. Tapi, Laurentius Oei kembali mengantarkan SM untuk memimpin 55-51.

SM menyudahi kuarter ketiga dengan tambahan 19 angka dan memimpin 66-59.

Satria Muda kembal tancap gas di kuarter keempat. Mereka ingin menjaga keunggulan demi meraih gelar juara lebih cepat.

Dan itu diamini oleh Hardianus yang menambah tiga angka bagi SM. Pun, dengan Arki Dikania Wisnu yang juga menyumbangkan tiga angka sehingga SM memimpin 17 angka 76-59.

Tak lama, Pelita Jaya memilih untuk mengambil time out guna mengganggu permainan SM sekaligus memperbaiki performa tim. Hasilnya cukup baik, PJ langsung mendulang enam angka.

Saat selisih skor semakin mendekat, SM kembali meningkatkan intensitas serangan. Mereka menambah 13 poin lagi dan menyudahi pertandingan dengan kemenangan 89-74.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya