6 Tim Berebut Juara di Red Bull Basketball Championships 2022

Konferensi pers Red Bull Basketball Championships 2022.
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein

VIVA Sport – Red Bull Basketball Championships 2022 akan digelar pada 10-11 September 2022 di GOR Bulungan, Jakarta. Ada enam tim yang akan bersaing pada Grand Final turnamen bola basket antarpelajar SMA dan sederajat itu untuk memperebutkan Piala Bergilir Kemenpora. 

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Fase grand final nanti akan mempertemukan para pemenang Red Bull Basketball Championships Series yang telah diselesaikan di enam kota, mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Pekanbaru. 

Ilustrasi peralatan basket.

Photo :
  • Pixabay/KeithJJ
Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Chief Marketing Officer PT Asia Health Beverages, Ricky Suhendar, mengatakan bahwa penyelenggaraan Red Bull Basketball Championships edisi pertama ini diharapkan dapat menjadi wadah generasi muda untuk berkompetisi dan berprestasi sekaligus membantu Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menemukan talenta-talenta muda potensial bagi tim nasional.

"Apalagi Red Bull Basketball Championships terintegrasi dengan FIBA jadi sistem poin dan datanya sudah terintegrasi. Ini akan membantu liga atau Perbasi untuk menemukan talenta muda basket Indonesia,” kata Ricky, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 30 Agustus 2022.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

Pada pertandingan putaran final tersebut, masing-masing sekolah yang mewakili enam kota itu akan bertanding dalam fase penyisihan grup terlebih dahulu. Empat pemenang dari tiap grup kemudian akan diadu lagi dalam laga perebutan Piala Bergilir Kemenpora.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Raden Isnanta menyambut baik dukungan swasta dalam melaksanakan kompetisi bola basket antarpelajar. Ia juga berharap Red Bull Basketball Championships 2022 dapat menjadi wadah pencarian bakat basket Indonesia.

“Dukungan swasta ini sangat membantu kami karena kami pemerintah tidak mungkin menggelar semua kompetisi dari cabang olahraga kecuali multievent,” ujar Isnanta.

Ilustrasi basket

Photo :

“Kemenpora tidak hanya memikirkan satu cabang olahraga, jadi saya berharap Red Bull bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan cabang olahraga lainnya,” sambungnya.

Grand final Red Bull Basketball Championships 2022 akan mempertemukan enam tim terbaik dari enam kota, yaitu SMAN 116 Jakarta, SMA Trinitas Bandung, SMA Olifant Yogyakarta, SMAN 2 Surabaya, SMA Methodist 2 Medan, dan SMAN 1 Pekanbaru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya