Indonesia Kembali Dipercaya IWUF Gelar Kejuaraan Dunia Wushu Junior

Konferensi pers PB Wushu Indonesia 80 hari menjelang WJWC 2022
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Sport – Indonesia kembali ditunjuk oleh Federasi Wushu Internasional (IWUF) untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 atau World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022. Rencananya, ajang ini akan dilangsungkan di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 3-11 Desember 2022.

Pj Gubsu Dorong Atlet Wushu Sumut Raih Prestasi di Kejuaraan IWAG 2023

Ini menjadi kali kedua Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah. Tentu, ini merupakan sebuah kehormatan bagi Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) karena Indonesia menjadi negara pertama yang dua kali menggelar kejuaraan ini.

Dikatakan oleh Direktur Eksekutif WJWC 2022, Gunawan Tjokro, sebelumnya Indonesia menjadi tuan rumah pada 2008 di Bali. Gunawan mengungkapkan Indonesia terpilih kembali menjadi tuan rumah bukan tanpa alasan.

Atlet Wushu Samuel Marbun Persembahkan Perak di Asian Games 2022

"Prestasi wushu Indonesia di level internasional diperhitungkan. Kami juga pernah dan sukses menyelenggarakan event serupa sebelumnya," kata Gunawan Tjokro dalam konferensi pers '80 hari jelang WJWC 2022' di Wisma AKR, Jakarta, Selasa 13 September 2022.

Gunawan mengatakan sejauh ini sudah ada 46 negara yang resmi mendaftar untuk ikut serta. Dan dia yakin jumlah negara peserta bakal bertambah lantaran waktu pelaksanaan yang masih cukup lama.

Klasemen Medali Asian Games 2022: Indonesia Tertahan di Posisi 8, China Makin Unggul

Airlangga Hartarto di pembukaan Kejuaraan Wushu Junior Jakarta Open 2022

Photo :
  • Dok. PB WI

"Dengan waktu yang relatif masih lama menuju pelaksanaan. Kami pikir akan banyak lagi negara yang mendaftar. Target kami ajang kali memecahkan rekor dari jumlah peserta yakni diikuti 70 negara," ujar Gunawan.

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 bakal mempertandingkan sejumlah nomor kategori junior putra dan putri nomor sanda dan taolu baik putra maupun putri. 

Meski optimistis dapat memaksimalkan status sebagai tuan rumah, Gunawan Tjokro melihat cabang olahraga Wushu telah berkembang pesat dan persaingan merata.

"Untuk bisa bersaing, kita harus melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet sejak dini sebagai pembibitan," tutur Gunawan.

Kendati demikian, sebagai tuan rumah, Gunawan mencanangkan Indonesia meraih sukses acara dan prestasi. 

Atlet Wushu DKI Jakarta, Keana Mclaren Lee

Photo :
  • Dok. PB Wushu Indonesia

"Kami ingin setiap peserta yang datang pulang dengan kesan yang manis. Kemudian atlet-atlet kita juga sukses prestasi meraih medali di Kejuaraan Dunia Junior," ucap Gunawan.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal PB WI, Ngatino, menyatakan telah menyiapkan 24 atlet. Saat ini sudah ada 28 atlet hasil dari Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang akan kembali diseleksi sebelum masuk pelatnas.

PB WI akan berusaha memulainya dalam waktu dekat agar bisa mempersiapkan atlet dengan maksimal. Pasalnya, mereka mencanangkan Indonesia meraih empat medali emas dari WJWC 2022 ini.

"Hasil 28 atlet itu belum final. Menunggu hasil Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan final stage taulo di Surabaya dan Piala Presiden 17-22 September. Setelah itu dipilih atlet dan kami pelatnaskan," ujar Ngatino.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya