Gelar Juara Dunia jadi Modal Veddriq Leonardo Songsong Olimpiade 2024

Pemanjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Sport – Euforia kemenangan yang dirasakan Indonesia di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing atau IFSC Climbing World Cup Jakarta 2022 semakin lengkap setelah Veddriq Leonardo juga memastikan gelar juara dunia panjat tebing 2022 nomor speed individu putra.

Rocky Gerung Terjun ke Dunia Olahraga

Kemenangan ini menjadi motivasi bagi Veddriq untuk menyongsong Olimpiade Paris 2024.

Veddriq memastikan gelarnya setelah mengumpulkan 4.455 poin. Tambahan 545 angka didapat usai finis kelima di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta yang digelar di kawasan SCBD, Sabtu 24 September 2022.

2 Atlet Asal Kalbar Akan Wakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Dia kalah dari Kiromal Katibin di babak perempat final. Meski begitu, tambahan poin tersebut membuatnya tak terkejar lagi di puncak klasemen umum Kejuaraan Dunia Panjat Tebing nomor speed individu putra.

Kemenangan ini dirasa sangat emosional bagi Veddriq. Sebab, dia berhasil mempertahankan gelar yang juga diraihnya pada tahun lalu.

Menjaga Tradisi Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Veddriq Leonardo jadi juara dunia IFSC Climbing World Cup 2022

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Yang pasti saya senang hari ini mendapat gelar juara overall dan mendapat emas di nomor speed putra," kata Veddriq kepada wartawan.

Lebih lanjut, Veddriq juga menjadikan kesuksesan di Kejurdun ini sebagai modal menatap Olimpiade Paris 2024 yang kualifikasinya akan dimulai tahun depan.

"Yang pasti ini membangun optimisme tim panjat tebing Indonesia buat menyongsong Olimpiade 2024. Karena 2023 kita kualifikasi, di situ kami memohon doa dan dukungan masyarakat agar bisa tampil di Olimpiade Paris 2024," tutur Veddriq.

Ke depannya, dia mengaku akan berusaha lebih menjaga emosi agar tampil lebih tenang saat menjalani perlombaan.

"Tadi komentar di pertandingan kebanyakan ngotot mau memecahkan waktu terbaiknya yang berujung slip. Tapi, itu tidak masalah karena setiap permainan memang seperti itu," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya