Trek Danau Toba Menantang, Rifat Sungkar: WRC Lintasannya Layak

Pembalap Rally Indonesia Rifat Sungkar
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Bola – Trek rally Danau Toba di di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dinilai sudah layak untuk menggelar World Rally Championship (WRC) kedepannya.

Pesan Ijeck saat Buka Ramadhan Wisata Rally IMI Sumut

"Untuk WRC lintasannya layak," sebut Pembalap Nasional, Rifat Sungkar saat diwawancarai VIVA, di Terminal Sosor Saba, Kabupaten Simalungun, Minggu petang, 25 September 2022.

Di trek ini, sudah menggelar sejumlah kompetisi rally nasional maupun internasional. Terakhir, Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba series 4 dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally series 2 secara bersamaan, 23 hingga 25 September 2022.

IMI Sumut Persiapkan Kejurnas Rally dan APRC 2024 Menuju WRC 2025

Kedua event rally itu, dijuarai oleh Pembalap Mitsubishi X-Pander Rally Team, Rifat Sungkar. Ia mengungkapkan trek di Danau Toba memiliki tantangan tersendiri bagi dirinya. Karena, mampu menguasai lintasan untuk dijajal dalam aduh kecepatan mobil balap tersebut.

"Treknya bisa saya bilang kasar sekali, tapi gimana juga namanya rally harus kita hadapi. Karena semua orang punya masalah yang sama," kata Rifat.

Foreign Racers Praise the Beauty of Lake Toba Track at APRC 2023

Rifat memberikan saran kepada pihak penyelenggara Rally Danau Toba. Baik, IMI Pusat dan IMI Sumut, menetapkan waktu kompetisi hanya tiga hari saja. Menurutnya, ideal bisa digelar 5 hari.

"Tapi, saran saya ke panitia bagaimana ke depan buat rally lebih komplek. Kalau bisa jangan hanya Jumat sampai Sabtu saja. Tapi, Rabu sampai Minggu jadi bisa memanfaatkan waktu lebih produktif," kata Rifat.

Final Classification APRC 2022 Danau Toba series 4. Dimana, Rifat Sungkar mencatat waktu tercepat hingga finish 12 spesial stage (SS) time 02:02:24.4.

Posisi kedua tercepat tim tuan rumah, Musa Rajekshah. Wakil Gubernur Sumatera Utara, ini mencatat waktu 02:04:13.0. Untuk posisi ketiga Ricardo Gelael dan navigator, Rony Maroun, dari tim Jagonya Ayam dengan mencatat waktu 02:12:33.0. 

Kemudian, posisi keempat pereli Dorisfa Motor Sport, H. Auty Faturahman dan navigator, Achamd Faisal dengan catatan waktu 02:12:59.1. 

Catatan waktu, antara pembalap Mitsubishi X-Pander Team, Rifat Sungkar bersama navigatornya, Benjamin Searcy dan pereli dari Blablabla Motor Sport, Musa Rajekshah atau yang akrab disapa dengan Ijeck dan navigator, Hervian Soejono hanya selisih 01.48.6.

Dari 8 peserta bertanding di kelas M1 APRC 2022 Danau Toba, hanya empat pereli ini yang menyelesaikan pertandingan hingga 12 SS digelar di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Final Classification terdapat 4 pereli gagal finish hingga SS12. Keempat pereli tersebut, Sean Gelael, Ryan Nirwan, H.Putra Rizky dan H. Rachmat. 

Sementara itu, Rifat Sungkar, Ijeck, Ricardo Gelael. Ketiganya, juga meraih sebagai juara 1,2 dan 3 kelas M1 di Kejurnas Rally Danau Toba 2022. Ketiga pereli senior itu, mencatat waktu yang sama di APRC. Karena, peserta APRC secara otomatis sebagai peserta Kejurnas tersebut.

Peringkat keempat, pereli Bimo Pradikto dengan navigator, Herkusuma dengan catatan waktu 02.12.35.9 dan peringkat kelima H. Atuy Faturahman dan navigator, Achmad Faisal 02.12.59.1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya