Trek Danau Toba Menantang, Rifat Sungkar: WRC Lintasannya Layak

Pembalap Rally Indonesia Rifat Sungkar
Pembalap Rally Indonesia Rifat Sungkar
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Bola – Trek rally Danau Toba di di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dinilai sudah layak untuk menggelar World Rally Championship (WRC) kedepannya.

"Untuk WRC lintasannya layak," sebut Pembalap Nasional, Rifat Sungkar saat diwawancarai VIVA, di Terminal Sosor Saba, Kabupaten Simalungun, Minggu petang, 25 September 2022.

Di trek ini, sudah menggelar sejumlah kompetisi rally nasional maupun internasional. Terakhir, Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba series 4 dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally series 2 secara bersamaan, 23 hingga 25 September 2022.

Kedua event rally itu, dijuarai oleh Pembalap Mitsubishi X-Pander Rally Team, Rifat Sungkar. Ia mengungkapkan trek di Danau Toba memiliki tantangan tersendiri bagi dirinya. Karena, mampu menguasai lintasan untuk dijajal dalam aduh kecepatan mobil balap tersebut.

"Treknya bisa saya bilang kasar sekali, tapi gimana juga namanya rally harus kita hadapi. Karena semua orang punya masalah yang sama," kata Rifat.

Rifat memberikan saran kepada pihak penyelenggara Rally Danau Toba. Baik, IMI Pusat dan IMI Sumut, menetapkan waktu kompetisi hanya tiga hari saja. Menurutnya, ideal bisa digelar 5 hari.

"Tapi, saran saya ke panitia bagaimana ke depan buat rally lebih komplek. Kalau bisa jangan hanya Jumat sampai Sabtu saja. Tapi, Rabu sampai Minggu jadi bisa memanfaatkan waktu lebih produktif," kata Rifat.