Kualifikasi SAC Indonesia 2022 Bali-Nusra Rampung Digelar

Student Athletics Championships (SAC) Indonesia
Student Athletics Championships (SAC) Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) bekerja sama dengan DBL Indonesia untuk menggelar Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022. Kualifikasi di Bali dan Nusa Tenggara (Bali-Nusra) yang menjadi lokasi pertama telah dirampungkan pada Minggu 2 Oktober 2022 di Stadion 17 Desember, Turide, Kota Mataram.

Sebanyak 3.898 atlet pelajar tingkat SD hingga SMA yang mewakili 150 lebih sekolah di wilayah Bali dan Nusa Tenggara turut serta dalam ajang ini. Kompetisi yang berlangsung selama tiga hari ini memperlombakan 12 nomor. Untuk kelompok pelajar SMA dipertandingkan lari 100 meter, lari jarak menengah 1.000 meter, lari estafet 4×100 meter, tolak peluru, dan juga lompat jauh.

Untuk tingkat SMP memperlombakan nomor lari 80 meter, lari jarak menengah 800 meter, lari estafet 5×80 meter, tolak peluru dan lompat jauh. Untuk SD terdapat nomor lari jarak 60 meter, lari estafet 8×50 meter dan tambahan atletik anak atau kids athletics yaitu formula 1 dan kanga’s escape atau lari kanga.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi sebesar-besarnya inisiatif dan kepercayaan PB PASI dan DBL Indonesia selaku penyelengara. Karena melangsungkan kompetisi atletik pelajar terbesar ini di Mataram, NTB. Sekaligus sebagai kota pembuka dari total sembilan kualifikasi tingkat wilayah (Qualifiers) se-Indonesia, yang digelar secara maraton hingga Desember mendatang.

Dia juga menyempatkan hadir pada saat pembukaan hari Jumat lalu (30/9), hingga melakukan pengalungan medali pada penutupan pada Minggu (2/10). Turut didampingi oleh CEO & Founder DBL Indonesia  Azrul Ananda, Ketua Pengprov PASI NTB Muhammad Farid Ghozali, serta perwakilan dari PT Mayora Indah, Tbk. selaku partner utama kegiatan ini.

"Insya Allah dengan digelarnya event luar biasa ini (Champion SAC Indonesia 2022) ini dapat makin menggairahkan minat para pelajar di NTB untuk berprestasi di cabor atletik. Ini sangat penting karena NTB jadi pusat atletik nasional. Apalagi Insya Allah jika tidak ada halang rintang NTB akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang. Jadi, adik-adik pelajar inilah yang akan jadi andalan NTB saat PON nanti,” ujar Zulkieflimansyah.

Setelah memulai penyisihan sejak Jumat 30 September 2022. Pada hari ketiga sekaligus penutupan seleksi wilayah Bali-Nusra Qualifiers. Digelar final beberapa nomor bergengsi. Diantaranya sprint, shot put, relays, middle distance dan long jump. Untuk menentukan para pemenangnya.