Regenerasi Atlet Berkuda, Indonesia Horse Lovers Festival Siap Digelar

Indonesia Horse Lovers Festival 2022
Sumber :
  • Indonesia Horse Lovers

VIVA Sport – Komunitas Indonesia Horse Lovers memiliki misi untuk memasyarakatkan olahraga berkuda di Tanah Air, terutama kepada kaum muda.

PBSI Sumedang, Merajut Asa Melalui Turnamen Bulutangkis Usia Muda

Sejalan dengan itu, komunitas yang berdiri sejak 2021 memiliki misi agar terciptanya regenerasi atlet berkuda Indonesia yang berprestasi.

Oleh karenanya, Indonesia Horse Lovers dengan bangga mengadakan sebuah kejuaraan bertajuk Indonesian Horse Lovers Festival 2022.

Mengenal Sagil, Siswa SD dengan Tinggi 2 Meter dari Kerinci Jambi

Ajang ini bakal berlangsung di Equinara Horse Sports, JIEP Pulomas, Jakarta, pada 19 hingga 23 Oktober 2022.

"Kejuaraan ini tercipta berkat dorongan dari komunitas, kami punya banyak visi dan misi untuk olahraga ini, salah satunya supaya berkuda lebih dikenal oleh masyarakat umum," kata President of Event IHL Festival 2022, Kezia Santoso dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022.

Kemenpora Dukung Turnamen PBSI Sumedang Open 2024

"Jadi lebih banyak bikin event yang ramai. Juga biar (atlet) berkumpul (semua) dan yang ikut juga banyak se-Indonesia. Itu tujuan kita mengumpulkan atlet-atlet dari berbagai daerah."

Kezia menuturkan, kejuaraan ini akan diikuti oleh ratusan peserta. Sejauh ini, setidaknya ada lebih dari 500 nama yang masuk dalam entries dari 38 stable di seluruh Indonesia. 

IHL Festival 2022 ini akan mempertandingkan kelas dari U14 hingga open. Mulai dari level amateur hingga kelas tinggi.

Atlet berkuda tim nasional juga ikut serta. Sebut saja seperti Yanyan Hadiansyah dan Andri Sutoyo, yang membela Indonesia dalam ajang Asian Games 2018.

Ada dua kategori yang dipertandingkan dalam IHL Festival 2022. Diawal dengan Dressage (tunggang serasi) pada 19-20 Oktober, dan ditutup oleh show jumping, di mana para atlet berkuda bakal melompati 12 rintangan dalam berbagai kelas mulai dari 70 cm hingga 130 cm.

"Yang membedakan kejuaraan ini adalah, kali ini kami membuat kompetisi dengan melibatkan komunitas berkuda," ucap Event Secretary IHL Festival 2022, Larasaty Usman, yang juga didampingi oleh Emilee Budhi selaku Hubungan Masyarakat kejuaraan.

"Selain pertandingan, ada bazaar, tenant dari food and beverages, peralatan berkuda, lifestyle juga, jadi lebih menghibur. Encourage untuk orang yang bukan hanya dari komunitas berkuda bisa enjoy."

IHL Festival 2022 ini merupakan langkah awal yang diselenggarakan oleh komunitasnya. Ia tak menutup kemungkinan kejuaraan ini akan digelar tiap tahun dan tak cuma di Jakarta.

"Untuk kegiatan di luar Jakarta, kami tentunya mengusahakan agar IHL dibangun dengan lebih baik dibanding tahun berikutnya. Tapi kami butuh dukungan dari kota lain untuk kandang, tempat berkompetisi dan lain-lain," jelas Larasaty

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya