IBL Gelar Turnamen Pramusim Indonesia Cup 2022 di Solo

IBL Indonesia Cup 2022
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – IBL menggelar turnamen pramusim dengan tajuk IBL Indonesia Cup 2022 yang bakal berlangsung di GOR Sritex Arena, Solo pada 4 sampai 13 November 2022.

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Ajang ini diikuti oleh 15 klub peserta musim reguler IBL. Menariknya, hanya pemain lokal dan naturalisasi yang dapat tampil dalam IBL Indonesia Cup 2022.

Praktis cuma satu klub yang akan memakai pemain naturalisasi yakni Dewa United Surabaya dengan Jamarr Andre Johnson.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Proses pengundian melibatkan tiga legenda basket Indonesia Dwi Eriano, Amin Prihantono dan Bugi Setiawan. Ketiganya ditemani manajer senior kompetisi IBL, Rufiana.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah mengatakan, pihaknya selalu berusaha menjaga konektivitas dengan legenda-legenda bolabasket Indonesia.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

"Kami berharap para pecinta basket Indonesia terutama anak-anak muda juga mengenal legenda-legenda tersebut," kata Junas.

Lebih lanjut, Junas mengatakan turnamen ini dibuat guna mengisi kekosongan jadwal sebelum menatap kompetisi IBL musim baru yang digelar tahun depan.

"Walaupun musim IBL sedang off tapi bagaimana caranya basket harus tetap aktif. Selain itu, ajang ini juga sebagai pembuktian para pemain lokal kita, karena kegiatan ini tanpa para pemain asing," kata Junas.

Sementara itu, terkait alasan di balik pemilihan kota tersebut, Junas menyebut karena menilai antusiasme penontonnya yang luar biasa.

"Tapi bukan berarti kota lain tidak bagus ya. Hanya memang Solo ini sedang gencar melakukan beberapa events olahraga. Kami sampaikan kepada mereka bahwa ini adalah salah satu konsistensi pemerintah kota kepada masyarakatnya. Artinya, jika turnamen ini berjalan lancar maka akan berdampak pada kotanya, tak hanya itu kota-kota lain juga," dia menjelaskan.

"Kami juga komunikasi dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan beliau mendukung. Makanya, kami berharap turnamen ini bisa berjalan dengan baik sehingga penyelenggaraannya ke depan tak hanya di Pulau Jawa, tapi bisa ke Sumatra, dan daerah lainnya." ucapnya.

Turnamen ini disambut baik oleh pemain. Avan Seputra, salah satu pemain Satria Muda, percaya diri dengan mengatakan timnya menargetkan juara.

"Satria Muda tak pernah pasang target di bawah juara. Kemarin kita juara dengan pemain asing. Kini, kita buktikan menjadi juara dengan pemain lokal," kata Avan dalam kesempatan yang sama.

Hasil Undian:

Grup A

NSH Mountain Gold Timika
Dewa United Surabaya
Elang Pacific Caesar Surabaya
Satya Wacana Salatiga


Grup B

Evos Thunder Bogor
Satria Muda Pertamina
Amartha Hangtuah


Grup C

Pelita Jaya Bakrie Jakarta
Bima Perkasa Jogja
Bali United
RANS PIK Basketball


Grup D

Bumi Borneo Pontianak
West Bandits Combiphar Solo
Prawira Bandung
Tangerang Hawks


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya