Nikmati Keseruan Ajang Lari dan Festival yang Ramah Lingkungan

Ajang balap lari Pertamina Eco RunFest 2022.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Ajang balap lari yang seru dan bergengsi, Pertamina Eco-Run akan kembali digelar pada tahun ini. Namun, pada 2022 ini, Pertamina mengusung konsep baru, yaitu Pertamina Eco RunFest 2022 yang akan dipusatkan di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu 27 November 2022.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Dalam Pertamina Eco RunFest 2022 ini, para peserta tidak hanya bisa mengikuti lomba lari, tapi juga menikmati festival musik yang diberi tajuk Eco-Fest dan Eco-Market yang menghadirkan bazar berbagai produk makanan dalam negeri serta gaya hidup yang ramah lingkungan.

Karena itu, dalam event kali ini Pertamina mengusung tema 'Energizing The Great Start'. Tujuannya, untuk menyalakan energi positif dan menginspirasi semua generasi untuk memulai gaya hidup berkelanjutkan atau sustainable living.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

"Mengapa sustainable living ini penting, karena kita semua tahu bahwa kita dihadapkan dengan tantangan perubahan iklim yang bahayanya semakin nyata di depan mata, seperti naiknya suhu bumi, kenaikan batas air laut dan juga terjadinya banjir dan badai," kata Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya Satyamurti Poerwadi. 

Lebih lanjut, Brahmantya mengaku takjub dengan antusiasme para calon peserta yang sangat tinggi. Sampai Kamis 27 Oktober 2022, tiket Pertamina Eco RunFest 2022 sudah terjual sebanyak 7500 lembar.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

"Apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para peserta yang sudah mendaftar. Sedangkan untuk Eco-Fest, saat ini tiket masih tersedia. Tiket masih dijual dengan harga presale namun jumlahnya juga sudah semakin menipis," ujarnya.

Race Director Pertamina Eco RunFest 2022, Satrio Guardian, menambahkan, kalau ajang balap lari Eco-Run akan dibagi dalam empat kategori, yaitu 1,5K Family Run (untuk anak usia 7-12 tahun) dan juga pendamping (lebih dari 17 tahun), 5K Fun Run (semua usia), 10K Race dengan kategori pelajar (13-17 tahun), umum (usia 18-44 tahun), dan master (lebih dari 45 tahun), serta kategori baru yaitu half marathon 21K Race untuk umum (18-44 tahun) dan master (lebih dari 45 tahun).

"Para peserta Eco-Run akan mendapatkan race park Eco-Run berupa jersey eksklusif, tas serut, dan BIB (nomor pelari) yang dapat diambil pada 24-26 November 2022. Selain itu, seluruh peserta juga berkesempatan untuk meraih doorprize dan mendapatkan medali eksklusif pada hari pelaksanaan serta hadiah senilai ratusan juta rupiah untuk para pemenang lari di kategori 10K dan 21K," ungkap Satrio.

Satrio juga memastikan ajang Pertamina Eco RunFest 2022 ini akan digelar secara maksimal. Termasuk soal teknis pengamanan.

"Tentunya titik pengamanan marshall akan ditempatkan di sepanjang rute, lengkap dengan titik Hydration Point per 2 kilometer, serta didukung ketersediaan ambulans yang dilengkapi dengan alat pacu jantung," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Program Pertamina Eco RunFest 2022, Ayu Fadhillah, mengatakan, event Eco-Fest yang terdiri dari Eco-Market dan Energizing Music Festival akan digelar pada pukul 09.00 sampai 23.00 WIB.

Dalam Eco-Market akan disuguhkan puluhan UMKM lokal dan ramah lingkungan, mulai dari local brands dan berbagai kuliner nusantara. Lalu, untuk Energizing Music Festival diramaikan sejumlah musisi papan atas, mulai dari RAN, The Changcuters, sampai JKT48.

Bagi yang tidak sempat mendaftar untuk ajang Eco-Run, namun ingin datang ke event Enegizing Music Festival, Ayu berujar, tiketnya masih tersedia dengan harga Rp115 ribu (presale) dan Rp165 ribu (harga normal).

"Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati communal area dan beragam instalasi dan workshop menggunakan reusable material. Dalam kegiatan ini, Pertamina juga menyiapkan waste management untuk keseluruhan sampah di Pertamine Eco RunFest 2022 yang akan diolah kembali atau di-recycle," jelas Ayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya