Harimau Sumatera Jadi Maskot PON XXI Wilayah Sumatera Utara

Edy Rahmayadi launching maskot PON XXI Wilayah Sumatera Utara
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi me-launching atau meluncurkan Matra (Harimau Sumatera) sebagai maskot untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 wilayah Sumut. Dalam PON ini Sumut tuan rumah bersama Aceh.

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Matra menggunakan Tanjak Melayu, Ulos Batak dan tampak gorga batak. Selain itu, mantan Ketua Umum PSSI itu, juga memperkenalkan tagline yang diluncurkan juga memiliki semangat yang optimis yaitu ‘Bersatu Kita Juara’.

Memperkenalkan maskot dan tagline bersamaan dengan pembukaan secara resmi Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) XI, berlangsung di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar/Jalan Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu 29 Oktober 2022.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Porprovsu XI resmi dibuka dengan ditandai dengan pemukulan gondang sembilan oleh Edy Rahmayadi bersama Forkopimda dan Bupati/Walikota yang hadir. 

Edy Rahmayadi launching maskot PON XXI Wilayah Sumatera Utara

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra
Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dan menyebut Porprovsu kali ini istimewa. Karena menjadi ajang rekrutmen para atlet dan official, yang akan ikut bertanding pada PON tahun 2024 yang dilaksanakan di Aceh dan Sumut. 

Untuk itu, Edy mengharapkan seluruh peserta hingga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut melakukan yang terbaik untuk persiapan PON 2024 tersebut. 

"Bersatu kita juara. Sudah kita pastikan, kalau kita bersatu kita juara," tutur Gubernur Edy.

Gubernur Edy menjelaskan yang bisa membesarkan Sumut hanya lah masyarakatnya. Edy percaya, Sumut yang populasinya yang cukup besar memiliki talenta-talenta yang luar biasa dan bisa mengharumkan daerahnya.

"Banyak hal yang mesti kita buat untuk menyiapkan pesta olahraga nasional. Ini bukan kegiatan politik. Ini adalah kegiatan besar untuk kebanggaan Sumut yang sama sama kita cintai," ucap mantan Pangkostrad itu.

17 Cabang Olahraga

Diketahui, Porprovsu XI diikuti 5.155 peserta yang terdiri dari atlet, official hingga panitia, dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut. Para atlet akan bertanding di 17 cabang olahraga (Cabor) mulai tanggal 29 Oktober hingga 5 November 2022.

Adapun 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya angkat berat, karate, biliar, wushu sanda, bola voli, atletik, tenis meja, pencak silat, tarung derajat, sepakbola, tinju, drum band, bulutangkis, muaythai, binaraga, pentanque, dan taekwondo. Peserta akan memperebutkan 256 medali emas, 256 perak dan 256 perunggu. 

"Sebanyak 17 cabor ini dipilih karena memiliki pengurus Cabor di kabupaten/kota," kata Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis. 

John Ismadi mengatakan, Porprovsu ini merupakan wujud pembinaan prestasi olahraga di Sumut. Juga merupakan langkah awal rekrutmen pelatih, serta atlet dalam rangka Pelatda PON 2024, sekaligus motivasi bagi masyarakat untuk giat berolahraga. 

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Marciano Norman yang diwakili Wakil Ketua Umum Suwarno mengharapkan pada PON 2024 kontingen Sumut dapat menunjukan prestasi terbaiknya. 

"Oleh sebab itu mari sama sama masyarakat dan instansi terkait, maupun KONI se-Sumut untuk mau berbagi dan berkontribusi agar kesiapan kontingen Sumut ke depan akan semakin baik. Dan pada waktunya meraih prestasi yang maksimal, " katanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya