Tekuk West Bandits, Pelita Jaya Tembus Semifinal IBL Indonesia Cup 2022

Duel Pelita Jaya Bakrie vs West Bandits Solo
Sumber :
  • ANTARA/HO-IBL

VIVA Sport – Pelita Jaya Bakrie Jakarta berhasil menyingkirkan West Bandits Solo pada perempatfinal IBL Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Kamis 10 November 2022.

Ada Pelita Jaya, Ini 4 Tim yang Lolos ke Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia di Jakarta

Meski margin tidak terlalu jauh, Pelita Jaya seakan membuktikan kekuatannya dengan menang 81-79 atas West Bandits setelah berstatus sebagai juara Grup C dengan rekor 3-0 alias sapu bersih di babak penyisihan. Sementara West Bandits merupakan runner up Grup D yang menang dua kali dari tiga pertandingan.

Mengutip laman IBL, pelatih kepala Pelita Jaya Djordje Jovicic untuk laga kali ini memilih starter yang berisi M. Arighi, Andakara Prastawa Dhyaksa, Vincent Kosasih, Govinda Julian Saputra, dan Hendrick Xavi Yonga.

Susul Pelita Jaya, Prawira Harum Bandung Tembus Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia

Dari West Bandits, pelatih Nedas Pacevicius menurunkan Christian Gunawan, Nickson Damara Gosal, Patrick Nikolas, Mei Joni, dan M. Rizal Falconi.

Prastawa membuka poin untuk Pelita Jaya dengan tembakan three point. Namun West Bandits membalas dengan mencetak tujuh angka beruntun, melalui Nickson, Patrick, dan three point play dari Falconi.

Pelita Jaya Pastikan Tiket ke Putaran 2 Kualifikasi BCL Asia di Jakarta

Kombinasi tiga pemain tersebut di paint area menyulitkan pertahanan Pelita Jaya. Mereka bisa membawa West Bandits unggul 12 angka (17-5) di sisa waktu tiga menit. Pelita Jaya sama sekali tidak mampu memberi jawaban atas strategi West Bandits di kuarter pertama.

Di menit-menit akhir, Pelita Jaya mencoba memakai skema tembakan tiga angka. Namun, West Bandits masih bisa membalas three point tersebut. Sehingga kuarter pertama ditutup dengan skor 27-13 untuk keunggulan West Bandits.

Setelah terdesak di kuarter pertama, Pelita Jaya mengamuk di kuarter kedua. Tak tanggung-tanggung mereka mencetak 28 angka, sekaligus membalikkan keadaan menjadi 41-36 saat halftime. West Bandits hanya bisa menambahkan sembilan angka selama kuarter kedua ini.

Bagai roller coaster, West Bandits kembali berbalik unggul pada kuarter ketiga. Mereka mengemas 22 poin sementara Pelita hanya meraih sepuluh angka. West Bandits menghadapi kuarter terakhir dengan memimpin tujuh poin, 58-51.

Pertandingan semakin memanas pada kuarter keempat. Kejar-kejaran angka terjadi pada detik-detik terakhir bahkan ketika kuarter keempat usai kedudukan imbang 76-76.

Pelita Jaya akhirnya melangkah ke babak semifinal IBL Indonesia Cup 2022 setelah bekerja keras menundukkan West Bandits 81-79 setelah melewati perpanjangan waktu. (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya