Jokowi Canangkan Pencalonan IKN Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2036

Presiden Jokowi membuka KTT G20 Indonesia
Presiden Jokowi membuka KTT G20 Indonesia
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Sport – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2036 dengan memilih ibu kota baru, Nusantara, sebagai lokasi yang akan dicalonkan.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dalam pernyataan yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Rabu 16 November 2022.

Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan itu di sela-sela menghadiri rangkaian kegiatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, terlihat dari baju putih lengan panjang yang dikenakannya bersematkan logo G20 2022.

Sebelum menyatakan kesiapan pencalonan tersebut, Presiden Jokowi juga sempat mengutarakan kesepakatan tentang peran penting olahraga di antara para pemimpin G20.

Jokowi mengingatkan bahwa di tengah situasi global yang diwarnai invasi militer Rusia ke Ukraina, peran olahraga menjadi lebih penting.

"Saya sebagai Ketua G20 2022 bersama pemimpin G20 lainnya, menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title