Pemprov Sumut dan KONI Lakukan Pembinaan Atlet untuk Atlet PON

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara bersama KONI Sumut terus melakukan pembinaan terhadap atlet yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, yang berlangsung 14 November 2024.

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

Gubernur Sumut, Edy Rahyamadi mengungkapkan pembinaan sudah dilakukan sejak dini, meski PON akan berlangsung sekitar dua tahun kedepan. Karena, semua kontingen Sumut harus memiliki atlet siap bertarung dan meraih prestasi berupa medali.

"Tidak ada, diam-diam, makan, habis itu minta juara, tidak ada itu. Menurut saya, semua berkompetisi, semua harus dilakukan sampai batas waktu kita tidak mampu," sebut Gubernur Edy, Senin 21 November 2022.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Untuk PON dan bidang yang lainnya. Gubernur Edy mengungkapkan seluruh rakyat Sumut, wajib hukumnya untuk membesarkan Sumut ini. Termasuk meraih prestasi yang dapat mengharumkan nama Sumut ditingkat nasional maupun internasional.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

"Saya setiap hari, pagi dan sore mengingatkan untuk PON 14 November 2024 PON disini (Sumut), persiapan siap. Pertandingan belum, kau masih tidur-tiduran. Tidak bisa, nanti aja lah masih panjang, ooo tidak bisa," sebut mantan Pangkostrad itu.

Gurbernur Edy mengungkapkan untuk pembinaan atlet harus dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Sampai ditemukan bibit atlet berstandar nasional, yang siap bertanding dan meraih medali di PON 2024.

"Bertahap itu, telescouting, mencari bibit Atlet, baru bisa mencari yang cocok, lanjut siap untuk bertanding," ucap mantan Ketua Umum PSSI itu.

Gurbernur Edy mengatakan tahap bertingkat sudah ditemukan atlet, kemudian siapa yang layak sebagai pelatih untuk melakukan latihan berlanjut sampai atlet siap bertarung saat PON bergulir nantinya. 

"Bertingkat, sudah ditemukan kapan dilatih dan siapa melatih. Siapa coach (pelatih). Kalau ada neraka tempat latihan, latihan disana. Untuk juara, jangan tanggung, pasti bisa," kata Gubernur Edy.

Hal itu, menurut Gubernur Edy harus dilakukan sesuai dengan perencanaan yang sudah disiapkan bersama antara Pemprov Sumut dan KONI untuk persiapan PON tahun 2024. Karena, ia tidak mau Sumut sebagai tuan rumah dipermalukan oleh provinsi lain saat PON berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya