Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dayung Perahu Naga Asia 2022 di Thailand

Timnas dayung Indonesia di Kejuaraan Dayung Perahu Naga Asia 2022.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Tim nasional dayung Indonesia menutup Kejuaraan Dayung Perahu Naga Asia ke-14, di Rayong, Thailand, dengan status juara umum. Ajang yang selesai pada 21 November 2022 itu, Indonesia berhasil membawa pulang 11 emas dan 1 perunggu dari 15 nomor.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Pada hari ketiga atau hari terakhir turnamen, timnas dayung Indonesia meraih 3 emas dan 1 perunggu. Medali tersebut lahir dari 5 nomor grand final, setelah pada hari pertama, mereka meraih 4 emas dan hari kedua merebut 4 emas juga.

Timnas dayung Indonesia di Kejuaraan Dayung Perahu Naga Asia 2022.

Photo :
  • Istimewa
Eks Presiden Sriwijaya FC Tersandung Korupsi Dana Hibah, Kini Ditahan Kejati Sumsel

Adapun kejuaraan diikuti 12 negara, selain Indonesia ada Cina, Australia, Kamboja, Taiwan, Hong Kong, India, Myanmar, Malaysia, Nepal, Singapura, dan tuan rumah Thailand.

Kejuaraan diselenggarakan di Pusat Dayung Rowing Angkatan Laut Kerajaan Thailand, di Ban Chong, Provinsi Rayong, Thailand, yang berjarak 130 km dari Kota Bangkok, dan 20 km dari kawasan wisata Pattaya. Lintasan lomba terdiri atas 6 jalur selebar 13,5 m dan kedalaman 3,5 m.

Setahun Berlalu, Puluhan Atlet Disabilitas Batanghari Belum Terima Bonus

“Indonesia ikut ambil dalam 12 nomor, karena hanya mampu memberangkatkan 15 pedayung putra dan 15 putri ke kejuaraan tersebut, didampingi 4 pelatih dan 1 masseur dipimpin Edy Suyono sebagai manajer tim,” tulis keterangan resmi dari Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI).

"Luar biasa prestasi tim dayung perahu naga Indonesia," ucap Edy Suyono, yang juga sekretaris jenderasi PB PODSI.

Medali emas yang tidak diraih Indonesia ada pada 3 nomor yang memang tidak diikuti karena kekurangan atlet, yaitu nomor perahu-standar 22 pedayung open jarak 1.000 m, 500 m, dan 200 m.

Ketiga medali emas tersebut disabet China. Sedangkan, satu-satunya medali emas yang gagal diraih Indonesia dan akhirnya menjadi satu-satunya medali emas bagi tim tuan rumah Thailand adalah pada nomor perahu-kecil 12 pedayung Open 200 m.

Atas prestasi membanggakan tersebut Ketua Umum Komite Olahaga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengucapkan selamat kepada Timnas Dayung Indonesia yang dengan membanggakan keluar sebagai juara umum 14th Asian Dragon Boat Championship. Semoga prestasi ini dapat bertahan dan bahkan Timnas Dayung Indonesia mempu menjadi juara dunia“, ungkap Marciano Norman.

“Terima kasih kepada PB.PODSI yang dipimpin oleh Bapak Basuki Hadimuljono beserta jajaran pengurus, pelatih dan ofisial yang telah berjuang keras mencetak atlet juara. Pembinaan yang dilakukan sudah terbukti berhasil,”, sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya