KJRI Chicago Rangkul Pebasket NBA Justin Holiday Jadi Duta Batik di AS

Pebasket NBA jadi duta Batik di AS
Sumber :
  • Instagram @justholla7

VIVA Sport – Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Chicago menggandeng pebasket NBA Justin Holiday untuk menjadi duta batik dan mempromosikan batik Indonesia di Amerika Serikat.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

“Terima kasih, Justin. Jadi, sekarang semua orang bertanya bagaimana mereka bisa membeli jaket seperti yang Anda (Justin) pakai,” kata Konsul Jenderal RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir dalam webinar pada Senin, dikutip dari ANTARA.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno juga menyampaikan apresiasinya kepada Justin Holiday karena telah memakai dan mempromosikan batik di AS.

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Pebasket NBA jadi duta Batik di AS

Photo :
  • Instagram @indonesiainchicago

“Dengan memakai batik, Anda telah mempromosikan batik di AS, terima kasih banyak,” ujarnya.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Sementara itu, Ni Made Ayu Martini dari Kemenparekraf juga menyampaikan terima kasih kepada Justin. Martini mengira Justin adalah duta batik.

“Justin, terima kasih banyak telah memakai batik. Saya kira Anda adalah duta batik di AS. Kami sangat bangga dan beruntung,” kata dia.

Selain mengapresiasi upaya Justin dalam mempromosikan batik di AS, Kemenparekraf juga mengundang pebasket itu untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata di Indonesia, terutama Bali.

“Kami tidak sabar untuk menyambut Anda di Indonesia. Tentu, Bali harus menjadi tujuan wisata pertama. Setelah itu, Anda bisa memilih. Kami memiliki lima tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi,” kata Made Ayu.

Justin pun menyampaikan kebanggaannya bisa memakai batik dan menjadi duta batik di AS. Ia berterimakasih karena diberi kesempatan.

“Saya sangat bangga. Saya hanya orang biasa. Tetapi Indonesia telah merangkul saya dan memungkinkan saya untuk menjadi duta batik, yang menjadi kebanggaan Indonesia. Jadi, saya sangat senang bisa mewakili Anda,” ucap Justin.

Desain batik yang digunakan Justin Holiday

Photo :
  • Instagram @indonesiainchicago

Pembuat batik Wahono, yang desain batiknya menjuarai kompetisi batik yang diselenggarakan KJRI Chicago, menceritakan makna dari desain batik yang ia buat.

Konsep desainnya, kata dia, diambil dari tokoh pewayangan Arjuna dan Krisna, yang ia sebut merepresentasikan ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

Ia mengatakan ilmu pengetahuan itu tidak bisa dilepaskan dari kebijaksanaan, seperti halnya Arjuna dan Krisna yang merupakan satu kesatuan. Begitu juga dengan persahabatan antara Indonesia dan AS.

Pada bagian terluar desain ada kata "lung" yang merupakan simbol relasi sosial, sedangkan daun sirih pada bagian tengah merupakan simbol cinta kasih.

“Di mana kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, cinta kasih dan relasi sosial itu adalah entitas yang harus dibangun sebagai jembatan Indonesia dan AS,” kata Wahono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya