Sumbangsih PBESI Bawa Esports Indonesia Berkibar di Level Dunia

Ketua Umum PBESi, Budi Gunawan
Sumber :
  • PBESI

VIVA – Timnas esports Indonesia mampu masuk papan atas di dunia usai meraih hasil gemilang dalam IESF 14th World Esports Championships Bali 2022.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Total ada 7 cabang yang Indonesia ikuti di IESF World Championship 2022, dengan daftar pemain yang hadir sendiri termasuk jajaran roster terbaik. 

Total, Indonesia meraih 3 gelar juara (emas) di nomor game Dota 2, Mobile Legends, dan eFootball, lalu raihan posisi ketiga (perunggu) di CS:GO kelas Putri.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Hasil ini sendiri sudah sangat baik, apalagi Indonesia  menjadi juara umum mengingat torehan 3 gelar juara dari total 7 kompetisi yang dipertandingkan.

Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan menyebut, dirinya tidak bisa berkata-kata lagi. Dia sangat  bangga mengetahui banyak prestasi telah diraih Timnas esports Tanah Air.

Kepala BIN Lepas Jakarta BIN dan STIN BIN Untuk Proliga 2024, Megawati Ungkap Harapan

"Kami semua atas nama PB ESI sangat bangga, terharu, sulit diucapkan dengan kata-kata. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan," kata Budi,

Lebih lanjut, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan menjelaskan bagaimana misi asosiasi yang dipimpinnya itu untuk terus mendorong esports Indonesia berkembang.

Menurutnya, setidaknya target minimal yang harus diraih oleh ekosistem esport Tanah Air adalah menjadi yang terdepan di Asia.

“Misi kita adalah mendorong pertumbuhan esports Tanah Air dengan menjadikan Indonesia sebagai pusat esports yang paling aktif dan menarik, minimal di Asia,” tegas Jend Pol (Purn) Budi Gunawan.

Tidak bisa dipungkiri lagi, dengan banyaknya dukungan, pembinaan hingga pemberian fasilitas yang selama ini terus diberikan dengan sangat maksimal oleh PB ESI, para atlet esports Indonesia mampu terus menunjukkan kualitas mereka dalam gelaran Indonesia Esports Summit: Bali 14Th World Esports Championships 2022.

Jend Pol (Purn) Budi Gunawan mengatakan seluruh atlet mampu dengan sangat optimal memanfaatkan bagaimana kemajuan ekosistem yang sejauh ini telah diupayakan oleh PB ESI.

Terlebih, mereka semua memang memiliki keseriusan yang kuat dalam berlatih serta tekad yang juga kuat untuk terus memberikan yang terbaik dan membanggakan nama bangsa ini di kancah dunia.

“Prestasi di Bali (IESF 14th WEC Bali 2022) menunjukkan para atlit esports Indonesia telah mampu memanfaatkan ekosistem yang kita bangun dengan penuh kesungguhan, profesionalitas, dan kreatifitas," ucapnya.

"Ini adalah hasil dari keseriusan berlatih dan tekad ingin memberikan prestasi terbaik bagi nama baik bangsa,” sambungnya.

Sejauh ini, dukungan maksimal yang terus diberikan oleh PB ESI di bawah kepemimpinan Budi Gunawan akan terus memastikan supaya esports benar-benar berkembang, sehingga tidak lagi dianggap sekedar menjadi permainan belaka.

Melainkan, sejatinya menurutnya, banyak sekali nilai positif dari olahraga elektronik itu untuk para generasi muda Indonesia.

Bahkan dengan esports, maka memungkinkan untuk bisa mengasah kemampuan generasi muda untuk menciptakan generasi unggulan.

Terlebih, esports juga bisa membantu dalam mengembangkan dan memajukan beberapa sektor sekaligus seperti halnya sektor ekonomi, sosial hingga budaya.

“PB ESI ingin memastikan perkembangan esports di Tanah Air tidak hanya sekedar menjadi jenis permainan belaka. Akan tetapi harus dikembangkan agar memiliki banyak manfaat lain bagi pembinaan generasi muda," ucapnya.

"Selain aspek permainan, esports bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak muda untuk menjadi generasi yang unggul. Demikian pula, esports kita arahkan menjadi sebuah cabang olahraga baru yang tumbuh pesat bersama potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang besar," tutur Budi Gunawan
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya