Jokowi: Indoor Multifunction Stadium GBK Rampung Juni 2023, Bisa Tampung 16.250 Orang

Presiden Jokowi melakukan topping off Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK
Sumber :
  • BPMI Setpres/Muchlis Jr

VIVA Sport Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menghentikan topping off indoor multifunction stadiom (IMS) Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 13 Januari 2023.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Rencananya, pembangunan IMS Senayan ini akan rampung pada Juni 2023.

Jokowi mengatakan IMS Senayan ini merupakan arena tertutup multifungsi, bahkan salah satu fasilitas arena tertutup terbesae di Indonesia. Menurut dia, arena IMS Senayan ini bisa menampung sebanyak 16.250 orang.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

“Kita akan terus membangun Jakarta agar memiliki faslitas yang setara dengan kota lain di dunia,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan arena IMS Gelora Bung Karno ini dibangun sejak tahun 2021, dengan luas 50.300m3 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp639 miliar. Tentu, arena ini bisa berfungsi untuk event olahraga basket, badiminton, futsal, volley.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

“Selain itu, bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan serta konser musik dengan kapasitas besar,” jelas dia.

Sementara Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan Indoor Multifunction Stadiom (IMS) Gelora Bung Karno ini merupakan fasilitas multifungsi arena tetutup di kawasan GBK yang pertama di Indonesia dengan kapasitas 16.253 tempat duduk untuk para temu VIP.

“Tidak hanya multifungsi buat olahraga saja, tapi juga festival budaya ataupun musik. Mulai April 2021, dan Insya Allah diselesaikan pada Juni 2023,” ungkapnya.

Menurut dia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun arena tertutup ini dengan sistem green building, teknologi hijau. Ini dibangun secara komputer analisis.

“Akan dipergunakan Juni untuk pertandingan basket kejuaraan dunia, tuan rumah pertama kalinya dibantu PB Perbasi,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya