Diikuti 3 Ribu Lebih Peserta, Erick Thohir Buka Porseni NU 2023

Erick Thohir Buka Resmi Porseni NU
Sumber :
  • VIVA / Fajar Sodiq

VIVA – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nadhlatul Ulama (NU) tingkat nasional 2023 telah dibuka. Porseni yang diikuti ribuan atlet dan santri dari 34 provinsi itu dibuka langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di GOR Sritex Arena, Solo, Senin malam, 16 Januari 2023.

Ini Pentingnya Suplemen Protein dalam Pembentukan Otot dan Kesehatan Tubuh

Pembukaan Porseni NU itu dihadiri oleh Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Ketua Peringatan Satu Abad NU Yenny Wahid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Pembukaan yang dihadiri ribuan atlet dan santri peserta Porseni diawali dengan pentas tari dari berbagai sanggar tari yang ada di Solo. 

Anindya Bakrie Bakal Fasilitasi Kerjasama Timnas Indonesia dengan Oxford United

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan kontingen dengan membawa masing-masing bendera lambang provinsi dan pembacaan janji atlet dam janji wasit.

Edisi ke-27, Kejuaraan Dunia Golfpreneur Kembali di Gelar di Jakarta

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Porseni NU, Nusron Wahid mengatakan Porseni NU yang digelar di Solo pada 13 – 21 Januari 2023 merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan sejak satu abad Nahdlatul Ulama berdiri. 

Kegiatan tersebut digelar untuk mempertemukan soldaritas, soliditas dan persaudaraan tiga unsur penting dalam nafas Nadhlatul Ulama mendatang, yakni santri, pelajar dan mahasiswa

“Jadi jangan sampai kegiatan ini nanti dilakanskaan lagi pada peringatan dua abad Nahdlatul Ulama yang kita semua sudah wafat,” kata Nusron yang disambut tertawa oleh para kontingen atlet dan santri yang memadati GOR Sritex Arena pada Senin malam, 16 Januari 2023.

Porseni tersebut, menurut dia, diikuti sebanyak 3643 peserta. Mereka dikirim oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Selama bertanding di Solo, para kontingen menginap di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

“Total akan ada 1200 dewan juri dan perangkat pertandingam. Kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 13 Januari dan akan berakhir 21 Januari dan akan ditutup 22 Januari dengan puncaknya jalan sanatai yang akan diikuti piluhan ribu peserta dari Jawa Tengah dan DIY,” ujarnya.

Sementara itu pembukaan Porseni NU 2023 dilakukan oleh Menteri BUMN yang juga Steering Commitee Satu Abad Nahdlatul Ulama, Erick Thohir. 

Dalam sambutannya, ia menyinggung bahwa Porseni yang baru pertama kali dilakukan sejak satu abad Nahdlatul Ulama berdiri itu rencananya akan menjadi kegiatan setiap tiga tahun sekali.

Direktur The Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid saat memberikan kuliah kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.

Photo :
  • ANTARA

“Gus Nusron tadi mempertanyakan apakah Porseni yang diselenggarakan tiap satu abad? Setuju? Tidak. Karena itu izinm saya berharap kegiatan Porseni dilakukan setiap tiga tahun sekali,” kata Erick yang disambut gemuruh tepuk tangan hadiri.

Pembukaan Porseni NU 2023 ditandai dengan memencet air horn yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir bersama dengan KH Miftakhul Akhyar, Yenny Wahid dan Ganjar Pranowo. 

Porseni itu mempertandingkan empat cabang olahraga seperti sepakbola, bulu tangkis, bola voli dan pencak silat serta perlombaan seni meliputi Musabaqah Tillawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran dan Hifdzul Alfiyah.(

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya