1.500 Personel Gabungan Bertugas Amankan F1 Power Boat Danau Toba

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahyamadi dan Kapolda Sumut Irjen Panca
Sumber :
  • VIVA / B.S Putra (Medan)

VIVA Sport – Sebanyak 1.500 personil gabungan diterjunkan untuk melakukan pengamanan Kejuaraan Dunia F1 Power Boat (F1H2O) Danau Toba 2023. Ajang ini berlangsung di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, 24-26 Februari 2023.

Gran Max Maut di Tol Cikampek sudah 4 Kali Pindah Tangan dan 2 Kali Diblokir

"1.500 personil gabungan, tapi masih terus kita hitung personel gabungan (sesuai dengan kebutuhan)," ucap Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak kepada wartawan, usai Rapat Kordinasi (Rakor) di Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Kamis siang, 12 Januari 2023.

Tim gabungan terdiri TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas dan stakeholder terkait lainnya. Untuk Ketua Pengamanan F1H2O dijabat oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Arief Sulistyanto.

Mertua yang Dianiaya Menantu di Cengkareng Ngadu ke Kapolri, Tanya Kenapa Tersangka Belum Ditahan

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat memimpin rapat persiapan F1 Power Boat.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra.

Posisi Wakil Ketua I diserahkan kepada Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, dan Wakil Ketua II adalah Panca.

Contraflow Tetap Dipakai Arus Balik Lebaran, Tapi Bakal Dikawal Safety Car

"Untuk kesiapan pelaksanaan dan kesiapan rencana pengamanan terus dipersiapkan dengan berkordinasi dengan Mabes Polri," sebut Panca.

Panca mengungkapkan Mabes Polri akan menurunkan peralatan keamanan dari CCTV dan helikopter untuk mendukung pengamanan pada event seri pembukaan F1 Power Boat World Championship tahun 2023 ini.

"Saya juga sudah melaporkan ke pak Kapolri dan bapak Kabaharkam selaku ketua pengamanan. Mabes Polri akan men-support satu helikopter untuk membantu helikopter yang ada. Dibantu dari SAR kalau kita melakukan evakuasi dari udara," kata Panca.

Untuk helikopter, selain milik Mabes Polri. Juga akan dikerahkan milik Kodam I Bukit Barisan, Polda Sumut dan Basarnas. Panca mengungkapkan juga sudah menyiapkan sejumlah titik helipad hingga di Bandara Silangit.

Panca mengungkapkan selama event berlangsung, pihaknya akan melakukan rekayasa jalan bagi akses masuk ke venue bagi tamu VVIP, VIP dan masyarakat umum. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan di lokasi penyelenggaraan F1H2O itu.

"Venue-venue tinggal teman-teman dari PUPR melakukan penyelesaian. Akan dilakukan rekayasa jalan, untuk tamu VVIP, VIP dan masyarakat umum, jalannya berbeda. Saya harap minggu sudah dilakukan uji coba," sebut Panca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya