Tol Siantar Dibuka Sementara Khusus Pengangkutan Logistik F1 Power Boat

F1 Powerboat in Indonesia
Sumber :
  • Antara/Kemenpora

VIVA Sport – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara akan berkoordinasi dengan PT Jasa Marga, meminta untuk gerbang tol di Kota Pematangsiantar dibuka dulu sementara. Terkhusus untuk pengangkutan logistik lomba F1 Power Boat atau F1H2O Danau Toba 2023.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Hal itu, disampaikan oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Kamis 26 Januari 2023. Untuk diketahui, Tol Pematangsiantar merupakan lanjutan pembangunan ruas jalan tol dari Tebingtinggi. Kini, pengejaran hampir selesai. Tapi, belum dibuka secara umum.

Gubernur Edy mengatakan pihaknya terus mengebut persiapan Kejuaraan Dunia lomba perahu cepat itu, yang akan berlangsung, 24 hingga 26 Februari 2023.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

"Sedang dikoordinasikan, untuk kita pakai sementara sampai ke (tol) Siantar," jelas Gubernur Edy. 

Hal itu, dilakukan karena logistik F1H2O menggunakan peti kemas cukup besar. Sehingga diangkut menggunakan kendaraan besar. 

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Gubernur Edy mengungkapkan untuk persiapan, Pemprov Sumut terus berkordinasi dengan panitia nasional, Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumut. Sehingga diharapkan event olahraga internasional ini, berjalan dengan sukses dan memberikan dampak ekonomi kepada pariwisata Danau Toba sendiri.

"Ini sedang dalam proses, ada kegiatan-kegiatan teknis yang bersangkutan dengan balap itu sendiri. Itu ditangani oleh tingkat nasional dan internasional," sebut mantan Pangkostrad itu.

Gubernur Edy mengatakan bahwa Pemprov Sumut juga sudah menyiapkan infrastruktur menunjang kegiatan F1H2O tersebut,. seperti lokasi parkir, UMKM hingga kebersihan di sekitar lokasi perlombaan perahu cepat itu.

"Untuk saya sendiri, sebagai tuan rumah. Sudah menyiapkan infrastrukturnya, tempat parkir, Tempat rute, kebersihan dan menyiapkan UMKM, itu kerjaan saya," kata mantan Ketua Umum PSSI itu.

F1H2O Danau Toba 2023, yang akan berlangsung di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya