Piala Kapolri 2010 Digelar di Dua Tempat

Pertandingan voli Indonesia
Sumber :
  • bolavoli

VIVAnews - Sebanyak 30 tim putra dan 22 tim putri akan bertarung pada kejuaraan nasional bola voli Piala Kapolri, 12-15 Juni 2010. Kejuaraan akan digelar di dua tempat, yakni Senayan, Jakarta dan Sentul, Bogor.

Limabelas tim putra yang dibagi dalam empat grup dan 11 tim putri yang dibagi dalam tiga grup akan berlaga di Padepokan Voli, Sentul Sedangkan sisanya bertanding di Hall Baksket, Senayan dengan pembagian grup yang sama.

Juara dan runner up dari masing-masing grup akan melaju ke babak selanjutnya. Pertandingan babak kedua, semifinal, dan final seluruhnya akan digelar di Hall Basket, Senayan, Jakarta.

Menurut Wakil Ketua Pelaksana Didik Purnomo, penyelenggaraan Piala Kapolri merupakan salah satu kalender HUT Bayangkara ke-64 yang jatuh pada 1 Juli 2010. Even ini terselenggara berkat kerjasama antara PP PBVSI dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Piala Kapolri sendiri digelar dua tahun sekali sesuai dengan amanat Musywarah Nasional (Munas) PP PBVSI, Januari lalu. Penyelenggaraan Piala Kapolri digelar di tahun genap dan diselingi oleh Piala Presiden di tahun ganjil.

Terakhir Piala Kapolri digelar 2007 lalu. Saat itu Jawa Timur keluar sebagai juara untuk kelompok putra. Sedangkan gelar juara untuk kelompok putri menjadi milik Jawa Barat.

"Tim-tim yang akan bertanding merupakan hasil seleksi yang dilakukan mulai tingkat polsek di setiap daerah," kata Didik dalam jumpa pers di Kantor Ditlantas, Jalan MT Haryono, Jaksel, Jumat, 11 Juni 2010.

"Sekarang pelaksanaan Piala Kapolri direncanakan dua tahun sekali pada tahun genap," ujar pria yang juga menjabat sebagai Wadirlantas Polri tersebut.

"Piala Kapolri ini sebagai ajang untuk menjaring bibit-bibit pemain nasional yang tersebar di daerah-daerah guna menunjang prestasi voli nasional," tambahnya.

Berbeda dengan Piala Kapolri sebelumnya, tahun ini panitia tidak membatasi usia pemain. Kebijakan ini sesuai dengan permintaan tiap daerah yang disampaikan dalam Munas PP PBVSI, Januari lalu.

"Kalau tiga tahun lalu usia pemain dibatasai 25 tahun, sekarang tidak ada batasan usia. Namun kami tetap berharap bisa muncul bibit-bibit muda dari Piala Kapolri 2010," pungkas Didik.

Ketua V PP PBVSI, Hanny Surkaty menambahkan, jumlah peserta tahun ini adalah yang terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, Hanny juga berharap kejuaraan ini bisa menghasilkan pemain-pemain masa depan.

"Kejuaraan ini juga akan menjadi ajang bagi kami daam mencari bibit pemain untuk SEA Games 2011 dan even-even bergengsi lainnya," ujar Hanny. (umi)

Ijeck Resmi Mendaftar Bakal Calon Gubernur Sumut 2024 ke Demokrat
Tim Pemenangan Bobby Nasution saat mengambil formulir pendaftaran Bacalon Gubernur 2024 ke DPD Demokrat Sumut.(B.S.Putra/VIVA)

Edy, Ijeck dan Bobby Nasution Berebut Tiket Diusung Demokrat di Pilgub Sumatera Utara

DPD Demokrat Sumatera Utara mencatat, ada 15 orang mengambil formulir pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil untuk Pilgub 2024. Namun, baru 6 orang mengembalikan formulir

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024