Sumatera Utara Siapkan Program Jelang Peparnas 2024

Rapat persiapan Peparprov Sumut II tahun 2023 di kantor NPC Sumut, Kota Medan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Jelang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024 Aceh-Sumut, Pengurus Provinsi (Pengprov) National Paralympic Commiittee (NPC) Sumatera Utara akan menggelar menggelar Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Sumut II tahun 2023 ini.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Hasil rapat digelar Rapat pengurus di kantor NPC Sumut, di Kota Medan, Jumat sore, 27 Januari 2023, kemarin. Diputuskan Peparprov II tahun 2023, akan digelar 16 hingga 23 Mei 2023. 

"Sesuai dengan hasil rapat kemarin bahwa ada beberapa program kerja kegiatan yang akan kita laksanakan tahun ini. Pertama, kita akan laksanakan Peparprov kedua. Di situ ajang rekrutmen atlet menuju Peparnas dan juga Peparpenas," ucap Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, Minggu 29 Januari 2023.

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Alan menjelaskan bahwa Peparprov Sumut ini, dijadikan ajang dilakukan seleksi daerah (Selekda) persiapan menuju Peparnas 2024 Aceh-Sumut. Sebagai tuan rumah, ia mengatakan ingin memberikan terbaik di ajang olahraga nasional itu.

"Cabor yang akan kita pertandingkan sesuai dengan apa yang dipertandingkan di Peparnas nanti. Total ada 11 cabor kita pertandingkan di Peparprov," sebut Alan.

PDIP Blacklist Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara

Alan menyebutkan bahwa panitia pelaksana sudah dibentuk. Ia mengungkapkan percepatan Peparprov salah satunya melakukan koordinasi dan melayangkan undangan kepada pengurus NPC kabupaten/kota untuk mempersiapkan atletnya yang akan berlaga di Peparprov.

"Sedangkan  8 cabor lainnya kita tidak gelar selekda. Karena, gak memenuhi kuota. Karena untuk bisa diikutkan ke Peparprov, minimal ada 3 kabupaten kota yang membina tiga cabor sama," jelas Alan. 

Alan menargetkan akan 500 atlet akan mengikuti Peparprov Sumut ini. Melalui ajang ini, Ia berharap NPC Sumut akan mengambil 300 atlet yang bakal menjadi seratus persen kontingen di Peparnas 2024.

Di sisi lain, hasil rapat tersebut juga memutuskan lanjutan program pelatda jangka panjang bagi 65 atlet prioritas yang tampil di Peparnas. Keterbatasan anggaran di APBD 2023, salah satu alasan pihaknya tidak bisa mempelatdakan 300 atlet sesuai dengan target awal. 

"Saya sudah koordinasi kemarin dengan pak Baharuddin (Kadispora Sumut) agar bisa diajukan penambahan di anggaran perubahan," jelas Alan. 

Selain itu, dalam rapat tersebut juga disinggung penunjukan Aceh - Sumut menjadi tuan rumah Peparnas 2024. Pihaknya terus berkoordinasi dengan NPC Indonesia agar Kemenpora segera mempercepat mengeluarkan surat putusan penunjukan Aceh-Sumut tuan rumah Peparnas 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya