PON 2024 Kesempatan Kedua Sumatera Utara Jadi Tuan Rumah

Launching PON 2024
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Sumatera Utara pertama kali menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) III pada tahun 1953 silam. Menunggu 71 tahun lamanya, barulah Sumut kembali menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024. Kali ini bersama dengan Aceh.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum KONI, Letjen (Purn) Marciano Norman pada acara Launching Maskot, Lagu PON, dan Tagline di PON Aceh-Sumut wilayah Sumut, berlangsung di Komplek Astaka Pemprov Sumut, di Jalan William Iskandar/Jalan Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Minggu 29 Januari 2023.

Ketika menjadi tuan rumah PON untuk pertama kali, Stadion Teladan baru selesai dibangun. Di sana pembukaan PON dilaksanakan.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

"Apa dinyanyikan pak Gubernur tadi, lagu kembali bukan hanya mimpi. Pekan Olahraga Nasional pertama digelar di Medan pada tahun 1953 dan kemudian, 2024 akan kembali dilaksanakan di Sumatera Utara," sebut Norman dalam sambutannya pada acara itu.

Untuk PON XII tahun 2024, pembukaan akan berlangsung di Aceh pada 8 September 2024 dan penutupan di Sumut, pada 20 September 2024. Di Sumut akan dipertandingkan kurang lebih 34 cabang olahraga (cabor). 

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Pertandingan 34 cabor tersebut tersebar di enam kabupaten/kota di Sumut, yaitu Kota Medan, Pematangsiantar, Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Simalungun dan Serdangbedagai.

"Selamat pak Edy Rahmayadi ini PON kedua di Sumatera Utara. Diselenggarakan di dua provinsi Aceh-Sumut," tutur Norman.

Norman mengatakan dirinya sangat mendukung sepenuhnya kepada Gubernur dan seluruh jajaran Panitia Besar wilayah Sumut PON XXI dan juga memberikan dukungan kepada KONI Sumut, untuk mempersiapkan kontigen sebaik-baiknya mungkin.

"Saya harapkan peringkat Sumatera Utara PON ke-21 lebih baik, dari PON sebelumnya," ucap Norman. 

Norman berharap besar, digelar PON ini di dua Provinsi Aceh-Sumut ini menjadikan semangat persatuan dan kesatuan kebangsaan semakin erat. Jadikan, olahraga pemersatu bangsa.

Kemudian, ia mengungkapkan menjadikan olahraga itu, menempatkan Provinsi Sumatera Utara itu, maupun Indonesia ditempat selalu terhormat. Menjadi kebanggaan rakyat di tanah air ini.

"Sisa waktu, bisa meningkatkan koordinasi antara pusat dan Sumut. Dapat menyiapkan dengan baik," sebut Norman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya