Menuju SEA Games 2025, Renang Perairan Indonesia Sabet 4 Emas di Malaysia

Tim Renang Perairan Terbuka Indonesia
Sumber :
  • PRSI

VIVA Sport– Sebagai langkah awal menuju SEA Games 2025, Tim Renang Perairan Terbuka Indonesia mengikuti 1st SEA Open Water Swimming Championship, Putra Jaya, Malaysia, 2-4 Februari 2023.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Hasilnya Tim Indonesia mengoleksi empat medali emas yang disumbangkan Fadlan Prawira, Adinda Larasati Dewi, Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi dan tim mixed relay. 

Pada kejuaraan ini, nomor yang dipertandingkan 5KM, 10KM dan Mixed Relay dengan beberapa kategori kelompok umur.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Emas pertama dipersembahkan Aflah Fadlan Prawira di nomor 5 kilometer putra. Fadlan yang didampingi Pelatih Doni B.Utomo berhasil finish pertama pada nomor 5 kilometer putra dengan catatan waktu 55 menit 21,4 detik. Peringkat kedua diraih perenang Thailand, Nattapon Intaratchaiku dengan catatan waktu 56,21.4 detik dan peringkat tiga perenang SIngapura Artyom Lukasevits dengan catatan 56,31.2 detik.

Dalam nomor ini ada dua perenang Indonesia lainnya, Timotius Mulyadi di peringkat empat dengan catatan 01 jam 03,59.7 detik. Satu lagi Richie Augusta di peringkat lima dengan catatan 01 jam 10,39.6 detik termasuk OTL.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Fadlan Prawira juga dinobatkan sebagai perenang putra terbaik. "Cukup bagus yang diraih Fadlan. Selain Fadlan juga ada beberapa perenang lainnya yang meraih bagus dan pada kategori usia muda. Mereka dipersiapkan menuju SEA Games 2025," jelas Liza Januar, Chief de Mission Indonesia. 

Di hari pertama, Selain Fadlan, perenang putri Adinda Larasati Dewi juga meraih medali emas di nomor 5 kilometer putri dengan catatan 01 jam 01 menit 13.7 detik.

Perenang Indonesia lainnya meraih medali perunggu adalah Kathriana Mella Gustianjani dengan catatan 01 jam 05,21.6 detik. Peringkat kedua adalah perenang Singapura, Candice Ruo Han Ang dengan waktu 01 jam 05,21.6 detik.

Pada nomor 5 kilometer usia 18-19 tahun, Indonesia juga meraih emas ketiga  yang diraih Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi dengan catatan 01 jam 02,11.8 detik.

Posisi ketiga juga diraih perenang Indonesia Aisha Jenar Laksitadevi dengan catatan 01 jam 10,07.3 detik. Masih di nomor yang sama kategori usia 16-17 tahun, perenang Indonesia Naurah Calissa Adeputri menempati peringkat empat dengan catatan 01 jam 05,50.4 detik.

Medali emas keempat disumbangkan tim beregu Indonesia pada nomor mixed relay dengan catatan 01 jam 13 menit 00,8 detik. 

Tim Indonesia terdiri dari Mochamad Dimas Permana Taufik, Adinda Larasati Dewi, Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi dan Aflah Fadlan Prawira. 

Sebelumnya di hari kedua, Virgin Silvia Natan meraih medali perunggu pada nomor 10 kilometer putri dengan catatan 02 jam 17,17.4 detik. 

Tim Indonesia yang dipimpin Chief de Mission Liza Januar berkekuatan 12 atlet, 5 pelatih dan 2 official di Malaysia.

Mereka adalah Fadlan Prawira, Timotius Mulyadi, Dimas Rashya Hakim, Mochamad Dimas Permana Taufik, Richie Augusta Wibowo, Naurah Chalisa Adeputri, Virgin Silvia Natan, Adinda Larasati Dewi, Kathriana Mella Fustianjani, Izzy Dwifaiva Hefrisyanti, Aisha Jenar Laksitadevi, Dea Salsabila Putri.

Lima pelatih yang mendampingi adalah Eko Purwandari, Doni B. Utomo, David Armadoni, Derry Mandala Putra, Abdul Haris serta dua offisial Vania Wanita dan Muhammad Nurul Fajri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya