Jakarta STIN BIN Lolos ke Final Four Proliga 2023 Usai Taklukkan Jakarta Pertamina

Aksi Jakarta STIN BIN di Proliga 2023
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Skuad voli putra, Jakarta STIN BIN memastikan diri lolos ke Final Four Proliga 2023 setelah memenangkan semua pertandingan di pekan pertama putaran kedua, turnamen voli teratas Tanah Air itu.

Jadi Tuan Rumah, Pertamina Enduro dan Pertamina Pertamax Bidik Tiket Final Four Proliga

Farhan Halim dkk bahkan mampu menyodok ke puncak klasemen sementara dengan poin 24, mengungguli juara bertahan Jakarta Lavani dan Jakarta Bhayangkara Presisi masing-masing di posisi kedua dan ketiga dengan poin sama 23.

Juara klasemen sementara dikantongi Jakarta STIN BIN pada Minggu sore 5 Februari setelah menaklukkan Jakarta Pertamina Pertamax dalam laga sengit yang berakhir dengan skor 3-2 yaitu (27-25, 28-26, 23-25, 18-25, 15-11). Sehari sebelumnya, Sabtu 4 Februari, Jakarta STIN BIN juga menekuk Palembang Bank Sumsel Babel dengan skor telak 3-0 (25-15, 25–16, 25-21). Dan sebelumnya lagi, Kamis 2 Februari, Jakarta STIN BIN juga mengalahkan Surabaya BIN Samator 3-0 (25-15, 25-20, 25-21). 

Megawati 'Megatron' Bawa Jakarta BIN Lolos ke Final Four Proliga 2024

Set pertama, dalam laga sengit melawan Jakarta Pertamina Pertamax, Jakarta STIN BIN sempat memimpin jauh skor. Namun keyakinan Jakarta Pertamina Pertamax untuk menang terus menggebu hingga bisa menyusul.

Kejar-mengejar angka terjadi, pertahanan terus dilakukan Jakarta STIN BIN, spike-spike keras penuh percaya diri dari Dimas Saputra mampu membawa kemenangan 27-25. 

Proliga Digelar di Malang, Diharapkan Animo Tinggi dan Naikkan Perekonomian

Aksi Jakarta STIN BIN di Proliga 2023

Photo :
  • Istimewa

Kemudian di set kedua, fenomena yang sama terus terjadi kejar-kejaran skor dan selisih sangat tipis. Jakarta Pertamina Pertamax bermain ngotot mempertahankan skor. 

Nyatanya pertahanan tetap lebih kuat Jakarta STIN BIN, block demi block tidak bisa ditembus oleh lawan, hingga pada service akhir dari Dimas Saputra mampu memberikan kemenangan 28-26.

Pada set ketiga, permainan semakin memanas, Jakarta STIN BIN yang tertinggal skor harus berupaya untuk memenangi pertandingan. Sayang, upaya tersebut tidak dapat dipertahankan oleh Jakarta STIN BIN dan harus rela skornya digasak Jakarta Pertamina Pertamax dengan hasil 23-25. 

Set keempat Jakarta Pertamina Pertamax bisa bangkit dan menghantam Jakarta STIN BIN. Terlihat Jakarta Pertamina Pertamax bermain lebih lepas dan menyudahi perlawanan Jakarta STIN BIN  dengan skor 18-25.

Jakarta STIN BIN yang diperkuat oleh tim inti mampu mengunci set penentu setelah menang dengan skor 15-11. Set lima didominasi oleh spike-spike keras dari Dimas Saputra dan Farhan Halim. 

Head Coach Jakarta STIN BIN, Alessandro Fadul mengungkapkan, pertandingan hari ini cukup menguras tenaga anak asuhnya karena tim lawan memiliki performa yang cukup baik. Pada set ketiga, Alessandro menjelaskan ada beberapa kesalahan yang terjadi dan timnya sedikit kesulitan, namun dengan begitu timnya dapat dengan cepat mencari solusi.

"Kami tahu pertandingan ini akan sulit karena tim lawan juga bagus, dari pertandingan ketiga sudah tau mereka sudah capek dan juga melakukan kesalahan di beberapa set. Tapi tim bisa mencari solusinya dan mencoba memperbaiki kesalahannya hingga bisa mendapat kemenangan," ujar Alessandro Fadul, Minggu 5 Februari. 

Isac Viana Santos, Middle Blocker Jakarta STIN BIN mengungkapkan hal yang sama bahwa pada set tertentu tim mengalami distract hingga menyulitkan untuk berkonsentrasi, namun kendala itu dapat dengan cepat diperbaiki hingga bisa maksimal kembali.

"Memang benar di set itu ada beberapa kesalahan, mereka berhenti berfikir karena lawannya agak sulit dan mereka mencoba bangkit, tapi pada set kelima mereka itu bisa maksimal kembali," ungkap Isac.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya