Sejarah Baru, Proliga Mulai Gunakan Video Challenge

Aksi Jakarta STIN BIN di Proliga 2023
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport - Kompetisi bola voli profesional Proliga 2023 memulai sejarah baru dengan penggunaan video challenge pada seri pertama babak empat besar pada 23 -26 Februari 2023 di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur.

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Direktur Proliga Hanny Surkatty dalam jumpa pers jelang final four di Gresik, Rabu, menjelaskan penggunaan video challenge merupakan pertama kali diterapkan dalam kompetisi olahraga profesional di Tanah Air.

"Jadi, bola voli Proliga yang pertama kali memulai setelah kompetisi ini berjalan sejak 2002 atau sudah 21 tahun lamanya,” kata Hanny di Gresik, Jawa Timur, Rabu 22 Februari 2023.

Siap Bersaing, Jakarta Livin Mandiri Umumkan Daftar Pemain Tim Putri di Proliga 2024

Untuk penggunaan pranata tersebut, Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) meminjam peralatan dari Konfederasi Bola Voli Asia (AVC), termasuk dengan petugas operatornya. Mereka akan dibantu wasit lokal yang disiapkan oleh PP PBVSI.

Sebagai hal baru bagi bola voli nasional, PBVSI dan panitia pelaksana Proliga sudah menyosialisasikan penggunaan video challenge kepada tim-tim yang berlaga pada babak empat besar Proliga 2023.

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

"Ini upaya kami untuk meminimalkan kesalahan yang dilakukan wasit dalam mengambil keputusan sehingga tidak ada lagi protes dari pemain dan pelatih saat pertandingan," ujar Hanny.

Lavani vs BIN Proliga 2023

Photo :
  • Istimewa

Selama babak reguler putaran pertama dan kedua, tidak sedikit pelatih dan pemain yang melancarkan protes atas keputusan wasit yang dianggap merugikan.

Hanny menambahkan, nantinya ada sebanyak 20 unit kamera yang dipasang di area lapangan. Setiap tim diberi dua kali kesempatan untuk mengajukan challenge pada masing-masing set.

"Mudah-mudahan setelah ini, nanti Proliga musim depan penerapan video challenge ini bisa dimulai sejak babak reguler,” tambah Hanny.

Pada kesempatan sama, Ketua Panpel Proliga Reginald Nelwan mengatakan panitia menyediakan sebanyak 3.000 lembar tiket kelas ekonomi dan 500 lembar tiket VIP untuk setiap pertandingan yang dijual secara langsung di GOR Tri Dharma.

"Harga tiket tetap seperti babak reguler, kelas ekonomi Rp100 ribu dan VIP Rp200 ribu. Bedanya, tiket dijual langsung di GOR, tidak ada penjualan online,” kata Regi.

Ia menambahkan pada babak empat besar ini, setiap hari hanya ada dua pertandingan yakni satu laga putri dan satu laga putra.

Aksi Jakarta STIN BIN di Proliga 2023

Photo :
  • Istimewa

Berikut jadwal pertandingan babak empat besar seri pertama:

Kamis, 23 Februari 2023
Pukul 16:00 WIB: (Putri) - Bandung bjb Tandamata vs Jakarta BIN
Pukul 18:30 WIB: (Putra) - Jakarta STIN BIN vs Jakarta Bhayangkara Presisi

Jumat, 24 Februari 2023
Pukul 16:00 WIB: (Putri) - Jakarta Pertamina Fastron vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
Pukul 18:30 WIB: (Putra) - Jakarta LavAni vs Surabaya BIN Samator

Sabtu, 25 Februari 2023
Pukul 16:00 WIB: (Putri) - Bandung bjb Tandamata vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
Pukul 18:30 WIB: (Putra) - Jakarta STIN BIN vs Surabaya BIN Samator

Minggu, 26 Februari 2023
Pukul 16:00 WIB: (Putri) - Jakarta Pertamina Fastron vs Jakarta BIN
Pukul 18:30 WIB: (Putra) - Jakarta LavAni vs Jakarta Bhayangkara Presisi

(Ant)

Jakarta STIN BIN vs Palembang Bank Sumsel Babel di Proliga 2023

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya