Venue F1 Powerboat Dilengkapi 17 Pos Kesehatan dan 53 Ambulans

Kadinkes Sumut, Alwi Mujahit
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Sport – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara, mendirikan 17 pos kesehatan terpadu di venue penyelenggaraan F1 Powerboat atau F1H2O di Balige, Kabupaten Toba, Sumut.

Ramalan Zodiak Minggu 14 April 2024: Cancer Akan Menemukan Belahan Jiwa, Kehidupan Cinta Libra Rumit

Hal itu, disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumut, Alwi Mujahit kepada wartawan di Kota Medan, Rabu 22 Februari 2023. Ia mengatakan untuk personil kesehatan terdiri Kemenkes RI, Dinkes Sumut dan Dinkes Kabupaten Toba.

"Ada 17 titik pos kesehatan kita didirikan di arena F1 Powerboat, untuk melayani masyarakat, pengunjung hingga pembalap F1H2O," kata Alwi, sembari mengungkapkan pos pelayan kesehatan untuk melayani tamu VVIP yang hadir untuk menonton langsung.

Ramalan Zodiak Jumat 12 April 2024: Leo Mungkin Bertengkar dengan Pasangan

Untuk ambulans, Alwi mengungkapkan ada 53 unit disiapkan dari ambulans emergency hingga ambulance pendukung. Kemudian, juga disiapkan peralatan medis disiapkan. Bila ada diperlukan penanganan medis selama penyelenggaraan kejuaraan dunia balapan motor perahu itu.

Pembangunan venue F1 Powerboat World Championship 2023 di Kawasan Wisata Danau Toba, Sumatera Utara sudah 99,97 persen.

Photo :
  • Dok. PUPR
Sederet Buah yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging, Bantu Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

"Ambulans kita kirim dari berbagai daerah, ada dari Dinkes Sumut, Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Toba dan daerah yang lain," jelas Alwi.

Dalam penyelenggaraan F1H2O yang akan berlangsung sejak 24 hingga 26 Februari 2023 ini. Alwi ada beberapa hal menjadi fokus antisipasi seperti penanganan bila terjadi kecelakaan bagi peserta saat menjalani pertandingan.

"Kita penanganan dilakukan bersama nanti, bersama Biddokes Polda Sumut, unsur lainnya," tutur Alwi.

Selain itu, antisipasi dilakukan pihak Dinkes Sumut. Alwi mengatakan karena terjadi kerumunan masa, yang menjadi fokus pengawasan penyebaran penyakit antar manusia saat pelaksanaan F1H20 berlangsung.

"Ya, kita minta tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh bagi masyarakat, yang menonton langsung," kata Alwi.

Untuk diketahui, pihak panitia penyelenggara F1H2O juga sudah menyiapkan sejumlah helikopter, disiapkan sebagai transportasi untuk mengevakuasi peserta, bila mana terjadi kecelakaan. 

Sedangkan, rumah sakit rujukan ditunjuk Kemenkes RSUPH Adam Malik, Kota Medan. Termasuk, menyiapkan helipad tidak jauh rumah sakit milik pemerintah pusat itu.

Siap 100 Persen

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, membeberkan persiapan F1 Powerboat sudah mencapai 100 persen dan siap menyelenggarakan pembukaan kejuaraan dunia balapan perahu motor itu, dengan sukses.

"Sudah 100 persen (persiapan F1H2O Danau Toba) ini," sebut Gubernur Edy kepada wartawan di rumah dinas Gubernur Sumut, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Senin 20 Februari 2023.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Photo :
  • VIVA / B S Putra

Gurbernur Edy mengatakan tinggal melakukan penataan bagi masyarakat lokal, yang akan ingin menonton, yang tidak memiliki tiket. Sehingga penyelenggaraan event internasional ini, diharapkan bisa dinikmati warga sekitar. 

"Tinggal kebersihan dam penempatan. Rakyat ini, tidak bisa seperti, dijadikan pendatang yang penonton, yang di tarik retrubusinya (tiket). Rakyat disini akan di tempatkan dan di posisinya juga. Agar tidak mengganggu ketertiban," ucap Gubernur Edy.

Presiden RI, Widodo dipastikan akan menonton langsung F1H2O di Danau Toba. Mantan Gubernur DKI itu, akan tiba di Sumut pada 24 Februari 2023. Dijadwalkan orang nomor satu di tanah air ini, akan mengikuti rangkaian kegiatan F1 Powerboat.

"Pak Jokowi positif datang (untuk menonton langsung F1H2O)," ucap mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya