Mulai Ramai, Lonjakan Penonton F1 Powerboat Danau Toba Diprediksi Sabtu Besok

Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Sport –  Sehari jelang penyelenggaraan F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba 2023, di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, 24 hingga 26 Februari 2023, wisatawan yang akan menonton langsung pembukaan kejuaraan dunia balapan perahu, mulai berdatangan. 

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara, Ilyas Sitorus, mengungkapkan diprediksi pengunjung terus berdatangan Jumat  23 Februari 2023 hingga Minggu 26 Februari 2023.

"Diprediksi Sabtu dan Minggu, Balige ini sudah ramai dan padat pengunjung atau penonton," kata Ilyas, Kamis 22 Februari 2023.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Untuk venue F1H2O di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Sudah terasa semarak, tampak stan-stan UMKM mulai berdiri di tengah Balige. Tenda-tenda masyarakat untuk menonton balapan pun mulai berdiri di pinggiran Danau Toba. 

Panggung-panggung hiburan juga sudah berdiri di berbagai titik di Balige. Menurut Ilyas, masyarakat Balige tampak bersemangat menyambut balapan akbar powerboat tersebut. 

Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

Pembangunan venue F1 Powerboat World Championship 2023 di Kawasan Wisata Danau Toba, Sumatera Utara sudah 99,97 persen.

Photo :
  • Dok. PUPR

"Dengan semangat seperti ini, kita yakin semarak lah ajang balapan ini," kata Ilyas, yang juga menjabat Koordinator Humas Panitia Daerah F1 Powerboat.

Ilyas berharap dengan ramainya pengunjung yang memasuki Kawasan Danau Toba dapat menjadi ajang promosi Danau Toba pada nasional, bahkan internasional. Apalagi Danau Toba saat ini merupakan destinasi wisata superprioritas. 

"Kita bersyukur diadakannya balapan ini di Danau Toba, pariwisata itu harus didukung dengan banyaknya event," kata Ilyas. 

Adapun rangkaian kegiatan dimulai tanggal 25 Februari 2023 di antaranya latihan bebas, babak kualifikasi. Sementara pada tanggal 26 Februari merupakan hari balapan utama ditambah dengan kegiatan hiburan, atraksi air dan lainnya. 

"Rangkaian kegiatan tidak hanya balapan saja, ada hiburan, atraksi air, dan banyak lagi, tentunya akan menyemarakkan ajang ini," kata Ilyas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya