Komisi X Serahkan Pengganti Zainudin Amali Sebagai Menpora ke Jokowi

Menpora, Zainudin Amali
Sumber :
  • PSSI

VIVA Sport – Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menanggapi soal kabar mundurnya Zainudin Amali dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) karena ditunjuk jadi Wakil Ketua Umum PSSI. Menurut dia, sosok pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga tentu hak prerogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

“Kita serahkan ke Pak Presiden kira-kira siapa,” kata Huda di Gedung DPR pada Kamis, 2 Maret 2023.

Namun, Huda menyebut Kementerian Pemuda dan Olahraga portofolionya dari teman-teman Partai Golkar. Akan tetapi, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan siapa pun pengganti Zainuddin Amali merupakan hak prerogratif Presiden Jokowi.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

“Mungkin bayangan saya enggak akan jauh-jauh dari itu. Jadi kita kembalikan ke Pak Presiden,” ujarnya.

Ia cuma berharap sosok pengganti Zainudin Amali bisa meneruskan semangat kepemimpinannya di Kementerian Pemuda dan Olahraga serta mengawal hal yang baik, lalu mampu melakukan lompatan-lompatan kebijakan yang perlu terus dikawal.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Waketum PSSI, Zainudin Amali

Photo :
  • PSSI

“Ya nama-nama yang tersebar sudah ada. Berarti ya tinggal kita lihat penjadwalan reshuffle dari Pak Presiden,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Joko Widodo (Jokowi) merespons soal rangkap jabatan Erick Thohir dan Zainudin Amali di Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Erick yang merupakan Ketum PSSI periode 2023-2027 saat ini masih menjabat sebagai Menteri BUMN. Sedangkan Zainudin, yang terpilih sebagai Waketum PSSI juga menduduki jabatan selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Jokowi mengatakan dirinya tak mempersoalkan rangkap jabatan yang diemban Erick Thohir dan Zainudin Amali. Sebab, ada beberapa menteri di kabinetnya yang juga rangkap jabatan sebagai ketua federasi olahraga. Terpenting, kata dia, Erick Thohir dan Zainudin Amali bisa membagi prioritas dalam pekerjaan itu.

“Yang paling penting, semuanya bisa mengatur waktunya. Karena kan kita juga tahu, Pak Basuki (Menteri PUPR) itu kan juga menjadi ketua (federasi) dayung, bisa. Pak Airlangga jadi ketua (federasi) wushu, bisa. Kemudian Pak Luhut jadi ketua (PB) PASI, Pak Prabowo jadi ketua pencak silat, bisa," kata Jokowi kepada wartawan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya