Cetak Perenang Berprestasi Internasional Jadi Target Rajawali Swimming Club

Rajawali Swimming Club
Sumber :
  • Dok. Rajawali Swimming Club

VIVA Sport – Rajawali Swimming Club merupakan bagian dari Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara (PORBIN). Mereka ingin turut serta dalam mengembangkan potensi atlet yang nantinya bisa naik ke tingkat internasional.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Cabang olahraga renang yang merupakan bagian dari kategori olimpik masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2020. Karena itulah penting juga untuk turut dikembangkan.

Guna mencapai target mencetak perenang internasional, Rajawali Swimming Club ditangani pelatih profesional, Donny Budiarto Utomo. Diharapkan dia bisa mewujudkan misi seperti yang tertera dalam DBON.

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

Rajawali Swimming Club

Photo :
  • Dok. Rajawali Swimming Club

Pada debut awalnya di Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia (KRAPSI) Walikota Magelang Cup II di Samapta Aquatik Stadium Magelang, Jawa Tengah, 3-5 Maret 2023, Rajawali Swimming Club yang menurunkan lima perenang.

Jonatan Christie Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024

Mereka sukses mendulang empat medali emas, tiga perak, dan lima perunggu dalam ajang tersebut.

Satria Wibowo tampil sebagai bintang Rajawali Swimming Club. Dia mempersembahkan dua medali emas dari nomor 200 M Gaya Punggung Putra. Catatan waktunya adalah2 menit 15,24 detik. Saat turun di 200 M Gaya Dada, catatan waktunya adalah 2 menit 32,09 detik.  

Satria Wibowo juga menyumbangkan tiga perak. Mulai dari 100 M Gaya Punggung dengan catatan waktu 1 menit 03,09 detik, 50 M Gaya Punggung (30,09 detik), dan 200 M Gaya Ganti (2 menit 14,92 detik). 

Dua medali emas lagi disumbangkan perenang putri, Gabriella Amanda Pactrecia dari 100 M Gaya Bebas dengan mencatat waktu 1 menit 27,48 detik dan 50 M Dada dengan waktu 39,57 detik. 

Sedangkan Nurmala Sari Rangkuti menyumbang tiga perunggu dari 50 M Gaya Bebas (29,18 detik), 100 M Gaya Bebas (1 menit 02,61 detik), dan 200 M Gaya Ganti (2 menit 32,76 detik). Dua perunggu lagi disumbangkan Febri Pramudya Iriawan dan Deni Rebutiyanto. 

Ketua Rajawali Swimming Club PORBIN, Mayjen TNI Teddy Surachmat yang menyaksikan perlombaan tersebut mengapresiasi prestasi yang dicapai perenang Rajawali Swimming Club. Dia berharap mereka terus meningkatkan prestasinya dalam setiap kejuaraan yang diikuti sehingga bisa masuk dalam jajaran perenang nasional. 

"Saya berharap prestasi yang diperoleh pada KRAPSI ini akan terus meningkat pada event lainnya. Mereka harus bisa menembus jajaran perenang elit nasional yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," imbuh Teddy Surahmat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya