Kejurnas Catur Pecahkan Rekor Muri, PB Percasi Harap Lahirkan Calon Juara Dunia

PB Percasi gelar Kejurnas diikuti 1000 lebih peserta
Sumber :
  • PB Percasi

VIVA Sport– PB Percasi menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) catur Ke-49 pada 14- 20 Maret 2023.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman dan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono hadir untuk membuka ajang ini.

Sebanyak 1.506 peserta dari 34 provinsi akan bersaing dalam Kejurnas Catur ke-49 yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta ini.

Eks Presiden Sriwijaya FC Tersandung Korupsi Dana Hibah, Kini Ditahan Kejati Sumsel

Menariknya, gelaran ini berhasil mencatatkan rekor muri dengan jumlah peserta terbanyak pada event selevel kejurnas. Marciano mengapresiasi dan berharap kejurnas ini bisa membantu PB.Percasi dalam memilih atlet-atlet terbaik Indonesia.

“Tidak ada Kejurnas yang pesertanya 1.500 lebih. Semoga Kejurnas yang diikuti banyak peserta ini membantu PB.Percasi dalam memilih atlet-atlet terbaik Indonesia yang akan meraih prestasi yang membanggakan,” kata Marciano.

Setahun Berlalu, Puluhan Atlet Disabilitas Batanghari Belum Terima Bonus

Sementara itu, Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengapresiasi Percasi Provinsi DKI Jakarta selaku tuan rumah yang mengemar kejurnas ini dengan konsep terbaik.

"Saya sebagai Ketum Percasi menggaransi juara senior putra dan putri, akan kami kirim ke Olimpiade catur. Itu tanggung jawab kami. Kemudian juara kelompok umur putra-putri akan kami kirim ke kejuaraan tingkat Asia," kata Utut.

Utut menjalaskan, selain menggelar Kejurnas, PB Percasi juga akan menggelar Rakernas dan pelatihan nasional, di mana ia juga akan turun melatih memberikan ilmu kepada atlet-atlet muda.

"Indonesia kumpulan orang pintar dan ini olahraga Individu, mimpi kami di Percasi suatu hari nanti ada juara dunia dari Indonesia. Tapi untuk sampai kesitu ada syaratnya yaitu pemain yang kuat, pelatih yang hebat, dan mengirim atlet ke berbagai turnamen," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Harian PB Percasi, Agustiar Sabran. Dia berharap dengan digelarnya Kejurnas ini dapat melahirkan bibit-bibit pecatur terbaik Indonesia yang mampu bersaing di kancah dunia.

"Seperti apa yang disampaikan Pak Ketum tadi, semoga kejurnas ini bermanfaat untuk mencari bibit-bibit catur nasional maupun internasional," ucapnya.

"Saya berharap Kejurnas catur ini juga menjadi simbol dan tolak ukur kemajuan pembinaan olahraga dan menorehkan keberhasilan yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara,"ucap Anggota DPR RI itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya