Raih 7 Medali di Finswimming World Cup, PB POSSI Makin Percaya Diri Sambut SEA Games

Atlet Selam Indonesia Torehkan 7 Medali
Sumber :
  • PB POSSI

VIVA Sport – Dalam ajang finswimming world cup 2023 yang digelar di Lignano Italia, kontingen penyelam Indonesia yang berada dibawah naungan induk olahraga Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) berhasil mengkoleksi sebanyak 7 keping medali yang terdiri dari 4 emas, 2 perak serta 1 perunggu.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Menurut Ketua umum PB POSSI masa bakti 2021-2025 Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto ketujuh keping medali tersebut berhasil ditorehkan dari berbagai nomor yang diperlombakan.

"4 medali emas tersebut masing-masing dipersembahkan oleh Kaisar Hansel pada nomor 50 bifins boys dan 400 bifins boys, Andityo - Josephine - Marcello - Ressa pada nomor relay 4 X 100 bifins mix serta Janis Rosalita pada nomor 100 surface women," ungkap Widodo pada Selasa 21 Maret 2023, malam saat menjemput rombongan atlet di Terminal 3 Bandara Soekarno/Hatta, Tangerang, Banten.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Lebih lanjut Widodo juga menambahkan bahwa 3 medali lainnya berupa 2 perak dan 1 perunggu berhasil dikemas oleh Harvey Hubert Marcello dari nomor 50 bifins men, Kaisar Hansel pada nomor 100 bifins boys serta Janis Rosalita pada nomor 200 surface women.

Dengan mengikuti finswimming world cup 2023 yang dijadikan sebagai salah satu ajang try out atau uji coba diluar negeri, Widodo Dwi Purwanto juga menegaskan bahwa dirinya tetap akan mengevaluasi hasil yang didapat agar kontingen penyelam Indonesia bisa lebih berprestasi di Sea Games selanjutnya.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

"Kami tetap menghitung dengan seksama jumlah medali yang diperoleh di Sea Games sebelumnya di Vietnam. Try out ini setidaknya bisa menambah kesiapan kontingen dan rasa percaya diri ketika berlaga di Sea Games Kamboja," jelas Widodo.

Sementara itu, usai menorehkan 2 medali emas dan 1 medali perak masing-masing pada nomor 50 dan 400 bifins boys serta nomor 100 bifins boys, Kaisar Hansel mengaku senang dan tidak menduga jika dirinya bisa menyumbangkan 3 medali sekaligus.

"Saya ikut world cup baru pertama kali, senang dan pastinya bangga bisa menorehkan 3 medali sekaligus. Saya akan berlatih lebih keras lagi jika diperbolehkan tampil di Sea Games Kamboja dan akan berupaya untuk tampil lebih baik lagi," tandas pemilik nama lengkap Kaisar Hansel Putra Fransiskus tersebut.

Ajang finswimming world cup 2023 yang digelar di Italia diikuti oleh 24 negara dengan jumlah atlet yang mencapai sebanyak 726 orang. Dari jumlah atlet sebanyak itu, didominasi oleh atlet dari daratan eropa, adapun untuk asia diikuti oleh atlet asal Indonesia dan Taiwan.

Dengan kekuatan 17 atlet yang terdiri dari 8 putra dan 9 putri, 5 pelatih serta 3 tim pendukung, Waketum PB POSSI yang juga manager team Brigjen Pol. Makhruzi menuturkan bahwa pasca mengikuti finswimming world cup, team atlet penyelam Indonesia dapat mengukur kekuatan untuk bertanding di ajang selanjutnya seperti Sea Games di Kamboja pada Mei 2023 mendatang.

"Hasil event ini menjadi instrumen untuk mengukur Tim Pelatnas finswimming Indonesia untuk berlaga di Sea Games Kamboja. Evaluasi tentunya akan dilakukan sehingga dapat diketahui sejauhmana pelaksanaan Pelatnas yang sudah berjalan dan apa saja yang harus diperbaiki dan diambil untuk 1,5 bulan kedepan menjalang pelaksanaan Sea Games," tutur Makhruzi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya