Atlet Freediving Indonesia akan Tampil di Kejuaraan Dunia 2023 di Korea

Nike Inayah Atlet Freediving Indonesia
Sumber :
  • istimewa

VIVA Sport – Salah satu atlet freediving terbaik Indonesia, Nike Inayah akan tampil dalam ajang Association Internationale pour le Developpement de l’Apnee (AIDA) atau International Association for the Development of Apnea.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

AIDA merupakan sebuah badan pengatur dan pencatatan dunia untuk acara menahan napas kompetitif, juga dikenal sebagai freediving pada 10-17 Juni 2023 mendatang.

Perlombaan dunia AIDA sudah digelar sejak 1992 atau 31 tahun lalu. Pada 2022, berlangsung di Burgas, Bulgaria.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Untuk perlombaan di Korea Selatan 2023 ini, Nike akan bersaing dengan atlet dari  55 negara di seluruh dunia. Menariknya, melalui Nike, Indonesia baru pertama kali mengikuti ajang bergengsi freediving internasional ini.

“Saya akan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional di Korea Selatan bersama lima rekan lainnya," kata Nike, Rabu 29 Maret 2023.

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

“Berbeda negara, untuk tahun ini di Korea dan Indonesia untuk pertama kali mengikuti ajang ini,” ujarnya, menambahkan.

Nike Inayah meminta dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia, agar dia bersama Ernaldo Sanyoto, Jovan Giovani, Mikhael Dominico, Safir Abadi dan Windy Burhan, bisa mengumandangkan lagi Indonesia Raya di Korea Selatan.

“Mohon doanya agar kita bisa membawa harum nama Indonesia di kancah internasional,” jelasnya.

Wanita bertinggi badan 170cm dengan berat 60kg itu baru serius menekuni dunia diving pada 2021 silam. Kemudian berlanjut ke mermaid diving dan freediving society dibawah pelatih Nikita Firma dan telah menjadi atlit nasional.

Di sisi lain, freediving menjadi salah satu olahraga yang cukup menantang sekaligus berbahaya. Betapa tidak, seorang penyelam harus bisa menyelam di kedalaman puluhan meter hanya dibekali oleh masker, snorkel, dan diving fins.

Nike pun menghimbau agar para pemula mengikuti pelatihan untuk dibekali teknik-teknik dasar seputar penyelaman, penggunaan alat, dan teknik pernapasan. Selain memiliki lisensi khusus.

"Jadi lisensi ini membuktikan bahwa kita sudah mempelajari teknik-teknik diving dari basic ke intermediate, teknik menggunakan alat, teknik pernapasan sama bagaimana cara rescue (penyelamatan), paling penting bagaimana menyelamatkan orang di laut hingga do's and don't's-nya," tuturnya.

Ia juga mengatakan, jika seseorang ingin mencoba freediving, maka lakukanlah bersama partner.

"Yang terpenting adalah jangan freedive sendirian, selalu freedive sama partner yang berpengalaman, karena kita enggak pernah tahu apa yang terjadi saat kita freedive sendirian," ujarnya


Nike Inayah yang dijuluki Mermaid Indonesia itu, sangat hits di dunia TikTok. Prestasi yang telah disandang oleh Ibu dua anak ini di antaranya, Best New Comers Adiyaksa Pool.

Dalam beberapa bulan kedepan ia akan mengikuti kejuaraan di berbagai negara diantaranya,Competition International di Panglao, Filipina pada 28 April, sebelum tampil di World Cup Jeju 10 - 17 Juni mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya