Swiatek Klaim Tenis Lewatkan Kesempatan Larang Rusia dan Belarusia

Petenis asal Polandia, Iga Swiatek
Sumber :
  • AP Photo/Frank Franklin II

VIVA Sport - Petenis putri nomor satu dunia Iga Swiatek mengatakan otoritas tenis telah melewatkan kesempatan untuk melarang langsung tampilnya pemain Rusia dan Belarusia setelah invasi Moskow ke Ukraina, dan kini waktunya telah berlalu untuk melakukannya sekarang.

Israel Mau Balas Dendam ke Iran, Rusia Pasang Badan Kirim Jet Tempur Canggih

Petenis Polandia berusia 21 tahun itu telah menjadi pendukung setia para pemain Ukraina yang mengkritik WTA karena tidak berbuat cukup untuk mendukung mereka.

Tidak seperti cabang olahraga lainnya yang memberlakukan larangan langsung setelah invasi pada Februari 2022, para pejabat tenis mengizinkan mereka yang berasal dari Rusia dan Belarusia untuk terus bermain, tetapi sebagai atlet netral.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Mereka diizinkan untuk memainkan tiga dari empat turnamen Grand Slam, dengan pengecualian Wimbledon.

Pihak berwenang menghukum panitia penyelenggara turnamen Wimbledon berupa tidak memberikan poin peringkat turnamen, tetapi pemain Rusia dan Belarusia akan dapat berkompetisi tahun ini setelah larangan dicabut.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Kedua negara juga dilarang mengikuti kejuaraan beregu seperti Piala Davis, di mana Rusia menjadi juara bertahan.

Petenis Tunggal Putri, Iga Swiatek.

Photo :
  • Twitter/French Open

"Saya mendengar bahwa setelah Perang Dunia Kedua, pemain Jerman tidak diizinkan ikut, demikian juga Jepang dan Italia, dan saya merasa hal semacam ini akan menunjukkan kepada pemerintah Rusia bahwa mungkin itu tidak sepadan," kata Swiatek kepada BBC, seperti dilansir AFP.

"Saya tahu ini hal kecil karena kami hanya atlet, bagian kecil di dunia tapi saya merasa olahraga itu sangat penting dan olahraga selalu digunakan dalam propaganda.

"Ini adalah sesuatu yang dipertimbangkan pada awalnya, tenis tidak benar-benar berjalan seperti itu, tetapi sekarang akan sangat tidak adil bagi pemain Rusia dan Belarusia karena keputusan ini seharusnya dibuat setahun yang lalu."

Swiatek, yang memenangkan gelar French Open keduanya pada 2022 dan meraih juara US Open, mengatakan WTA dan ATP telah menunjukkan "kurangnya kepemimpinan" setelah invasi Rusia ke Ukraina, dan akibatnya tenis berada di "tempat yang kacau".

"Saya merasa tenis, dari awalnya, bisa sedikit lebih baik dalam menunjukkan kepada semua orang bahwa para petenis menentang perang," katanya.

"Saya merasa mereka bisa berbuat lebih banyak untuk menegaskan hal itu dan menyampaikan pandangan mereka, dan membantu kami mengatasi sedikit lebih baik di ruang ganti karena suasana di sana cukup tegang."

Perang Ukraina dan Rusia

Photo :

Petenis Ukraina Kecam Petenis Belarusia

Pekan lalu petenis Ukraina Lesia Tsurenko mengecam juara Australian Open Belarusia Aryna Sabalenka karena mengklaim dia tidak pernah merasakan begitu banyak kebencian di ruang ganti.

"Saya pikir ini adalah permainan lain yang mereka mulai, sekarang mereka adalah korbannya, bukan kami," kata Tsurenko.

Swiatek mengatakan dia memiliki sejumlah simpati untuk Rusia dan Belarusia. "Bukan salah mereka punya paspor seperti itu," katanya.

"Saya berjabat tangan, misalnya, dengan Daria Kasatkina, dia secara terbuka mengatakan bahwa dia menentang perang sejak awal dan itu akan menjadi mimpinya untuk menyelesaikan perang.

"Saya sangat menghargai itu karena menurut saya adalah suatu keberanian bagi atlet Rusia untuk mengatakan itu karena situasi mereka cukup rumit dan terkadang sulit bagi mereka untuk berbicara lantang tentang hal itu." (Ant)

Petenis Belarusia, Aryna Sabalenka

Photo :
  • AP Photo/Seth Wenig
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya