Israel Tuntut Hak Tampil di World Beach Games 2023 di Bali

Gubernur Bali Wayan Koster dan Menpora Dito Ariotedjo
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

VIVA Sport – Polemik mengenai keikutsertaan atlet Israel muncul dalam ajang ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Ajang ini akan digelar di Bali, Indonesia pada 5-12 Agustus 2023 mendatang.

Setiap 10 Menit Satu Anak Terbunuh di Gaza, Menurut Laporan UNRWA

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, sebelumnya telah mengatakan bahwa Israel tidak termasuk dalam 69 negara yang berpartisipasi dalam pertemuan Chef de Mission (CdM) Meeting 2nd ANOC World Beach Games 2023.

"Sudah, aman. Tidak ada masalah, komite Olimpiade sudah merilis negara yang ikut pada 27 April. Saya tidak melihat nama Israel. Jadi tidak menjadi polemik, clear tidak ada penolakan," kata Menpora.

Menlu Iran Olok-olok Drone Israel sebagai "Mainan Anak-anak Kita"

Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Indonesia geber promosi AWBG 2023 di G20

Photo :
  • NOC Indonesia

Hal tersebut rupanya membuat Israel berang. Mereka bakal menuntut hak mereka kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) agar tetap bisa berpartisipasi dalam ajang yang digelar di Bali.

Jenderal Ali: Era Amerika dan Israel Sudah Habis!

"Setelah banyak percakapan dengan ketua Komite Olimpiade Internasional dalam beberapa bulan terakhir, sebuah surat dikirimkan kepada Presiden dan CEO ANOC yang mengklarifikasi bahwa atlet Israel akan berpartisipasi dalam ANOC hanya jika mereka diberi kondisi yang sama kepada orang-orang dari negara lain," terang Komite Olimpiade Israel dilansir Ynet News.

"Perlu dicatat bahwa IOC terus berhubungan dengan kami mengenai masalah ini, dan kami yakin bahwa mereka akan menjunjung kesetaraan dan hak Negara Israel untuk bersaing dalam kompetisi apa pun di seluruh dunia, seperti yang telah dilakukan sepanjang tahun," tandas mereka.

Sebelumnya, Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia karena banyaknya penolakan terhadap Timnas Israel. Ajang ini akhirnya digelar di Argentina.

Gubernur Bali Wayan Koster tetap keukeuh melarang Israel tampil di World Beach Games 2023. Dia tetap berlandaskan pada konstitusi.

"Saya tegaskan berita ini tidak benar, sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran Tim Israel dalam World Beach Games di Bali tahun 2023," kata Koster dalam pernyataan tertulis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya