Tim Kempo Indonesia Tiba di Tanah Air Usai Raih 28 Medali di Kejuaraan Dunia 2023

Tim Kempo Indonesia tiba di Tanah Air usai berprestasi di Kejuaraan Dunia 2023
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA Sport – Tim Kempo Indonesia tiba di Tanah Air usai mengikuti Kejuraan Dunia bertajuk IKF World Kempo Championships 2023 di Caldas De Raina, Portugal pada 24-30 April 2023.

Bahan Bakar Pertamina Patra Niaga Dukung Kesuksesan Pelaksanaan F1 Power Boat

Tim Kempo Indonesia mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, Selasa 2 Mei 2023.

Tak tanggung-tanggung, Tim Kempo Indonesia berhasil mendulang total raihan 28 medali, pencapaian tersebut membawa Indonesia keluar sebagai peringkat kedua untuk nomor tradisional kempo.

PB PERKEMI Gelar Studi internasional, Pembinaan Indonesia Dipuji Kempo Dunia

Selain itu, Indonesia juga berhak meraih predikat peringkat kelima di nomor fighting kempo sekaligus finis keempat untuk seluruh kontingen di kejuaraan dunia kempo kali ini.

Wakil Ketua Umum Senior Pengurus Pusat Federasi Kempo Indonesia (PP FKI), Timbul Thomas Lubis, mengapresiasi perjuangan atlet yang mampu finis di peringkat kedua nomor tradisional kempo.

HUT Ke-58, Ketum PB Perkemi Suarakan Persatuan demi Kempo Lebih Berprestasi

Dengan jumlah atlet yang lebih sedikit, Indonesia mampu memberikan perlawanan pada Spanyol yang mengirimkan atlet lebih banyak tiga kali lipat ketimbang Indonesia.

"Untuk tradisional, Indonesia mempertahannkan kedudukan kedua. Dengan jumlah atlet 21 orang, kita bisa mempertahankan kedudukan di kejuaraan dunia sebelumnya. Adapun juara pertama Spanyol yang turun dengan 79 atlet," kata Timbul Thomas Lubis

"Jadi kalau jumlah atlet kita dua kali dari yang sekarang, bukan tidak mungkin kita jadi juara satu. Sejatinya kita punya kstarianya yang banyak, tapi keterbatasan dana menjadi kendala," sambungnya.

Timbul Thomas Lubis menjelaskan, selanjutnya PP FKI akan menyiapkan atlet-atlet terbaik untuk Kejuaraan Dunia pada April tahun 2024 mendatang di Antyla, Turki.

"Mudah-mudahan kejuaraan dunia di Turki 2024, kami akan bisa lebih fokus karena dari segi biaya jumlahnya lebih murah. Jadi atlet yang kita kirim bisa banyak dan nomor yang kita menangkan juga bertambah," ucapnya.

"Kami mengharapkan dengan pembinaan bertahap nanti di 2024 akan mengikuti kejuaraan dunia di Turki, dan bisa mengirimkan atlet lagi yang. Dan untuk turnamen terdekat ada Kejuaraan Asia, kami akan kirim atlet-atlet muda," jelasnya

Lebih lanjut, Thomas Lubis mengungkapkan bahwa Indonesia melalui PP FKI telah mendapatkan status full membership dari International Kempo Federation (IKF) yang memiliki jumlah 34 anggota negara itu.

Yang membanggakan adalah, IKF diberikan kepercayaan untuk membuat aturan pertandingan yang lengkap untuk IKF. Selain itu, lanjut Thomas Lubis pihaknya juga berencana untuk mendirikan lembaga banding.

"Setelah kami jadi full member, saya memberikan masukan bahwa kejuaraan sudah bagus tapi rules-nya belum berjalan baik. Dan mereka setuju semua bahwa kami diberi tugas untuk membuat semua rules untuk IKF. Jadi kita akan buat peraturan yang lengkap," kata Thomas Lubis.

"Juri juga tidak sembarangan dan juga harus ada lembaga untuk protes terhadap ketidaksesuaian di aturan. Oleh karena itu, aturannya lebih dulu dibentuk. Jadi mudah-mudahan di kejuaraan selanjutnya ada aturan yang benar-benar sesuai Olympic charter," ucapnya.

Sementara itu, Doni atlet Kempo Indonesia yang sukses meraih medali emas bersama Shila Susiliana Palimbong di nomor Self Defense mengungkapkan keberhasilannya tak lepas dari dukungan tim pelatih.

"Alhamdulilah saya mendapatkan emas di kategori perorangan. Dan itu berkat dukungan dari seluruh pelatih selama ini," kata Doni.

"Kami dari self defense mix umur 18-21 puji tuhan meraih medali emas. Kami pertama melawan juara bertahan Spanyol dan kami bisa mengalahkannya. Kami di final bertemu Rumania lalu mendapatkan medali emas," ujarnya, menambahkan.

Daftar Peraih Medali di Kejuraan Dunia Kempo 2023:

Emas :
1. Halimah - Kata
2. Kevin, Doni, Riswan - Sincronice
3. Doni/Syila - Self Defense
4. Dirhamsyah - Full Kempo
5. Dirhamsyah - Kick Down

Perak :
1. Kevin - Semi Kempo
2. Dio/Ansori/Helga - Sincronice 21 - 38
3. Rudy/Rauf/Dirhamsyah - Sincronice Senior Master
4. Rudy/Rauf - Self Defense Senior Master
5. Haspriadi - Full Kempo
6. Kevin/Doni - Self Defense 18 - 20
7. Muthia/Tia - Self Defense 16 - 18
8. Dirhamsyah - Semi Kempo
9. Annisa/Neta - Self Defense Female 16 - 18
10. Annisa/Akyla/Neta - Sincronice Female 16 - 18

Perunggu :
1. Helga - Kata Male 21 - 38
2. Helga/Ansori - Self Defense Male 21 - 38
3. Dio/Syila - Self Defense Mix  21 - 38
4. Fajar/Adib - Self Defense 16 - 18
5. Adib/Neta - Self Defense Mix 16 - 18
6. Adib/Fajar/Zylane - Sincronice 16 - 18
7. Putri/Muthia/Tia A - Sincronice Female 16 - 18
8. Syila/Lovita/Halimah - Sincronice Female 21 - 38
9. Muthia/Tia A - Self Defense Female 16 - 18
10. Ansori - Semi Kempo Male 21 - 38
11. Fajar - Semi Kempo 16 - 18
12. Adib - Semi Kempo Male 16 - 18
13. Annisa/Neta - Self Defense Female 16 - 18
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya