NOC Indonesia Sambut Kedatangan Timnas Hoki Usai Cetak Sejarah SEA Games 2023

Tim Hoki Indoor Indonesia disambut kalungan bunga oleh NOC
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA Sport – Timnas Hoki Indoor Indonesia sudah tiba di Tanah Air usai mencetak sejarah di SEA Games 2023 Kamboja. Mereka mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Senin 8 Mei 2023.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Timnas Hoki Indoor Indonesia pulang dengan kalungan medali emas. Mereka berhasil meruntuhkan langganan juara yakni Malaysia di partai final.
 
Dalam pertandingan yang berlangsung di Dinosaur Hall Pnom Penh, Kamboja, Minggu 7 Mei 2023, Indonesia menumbangkan Malaysia melalui babak penalti usai bermain imbang 3-3.

Menariknya, Indonesia sempat ketinggal 0-3 dari Malaysia. Namun, mereka mampu mencetak tiga gol untuk menyamakan kedudukan pada waktu 5 menit 30 detik menjelang pertandingan penentuan kuartal keempat berakhir.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Keberhasilan ini pun menjadi yang pertama dalam sejarah. Indonesia juga sukses merobohkan dominasi Malaysia di cabang olahraga hoki.

Bak Pahlawan, Timnas Hoki disambut meriah di Bandara Soekarno Hatta. Wakil Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Wijaya Noeradi, Staf Ahli Menpora bidang Hubungan pusat dan daerah Dwijayanto Sarosa Putera dan perwakilan Federasi Hockey Indonesia (FHI) turut hadir menyambut kedatangan mereka.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

"Hoki prestasi yang luar biasa. Kepada atlet, ofisial dan FHI yang gigih. Kami sangat apresiasi dan menghargai," kata Wijaya yang turut mengapresiasi Kemenpora yang menyetujui keberangkatan hoki indoor.

"Saya ucapkan terima kasih kepada atlet dan pelatih. Masalah hasil itu soal lain,saya percaya kalian memberikan terbaik untuk negara," jelas Wijaya. 

Sementara itu, Kapten tim hoki, Prima Rinaldi Santoso berharap dari hasil capaian medali emas di SEA Games 2023 membuat hoki terus mendapat dukungan dari pemerintah dan stakeholder terkait lainnya untuk berprestasi hingga ke level dunia.

"Saya harap pemerintah melalui Kemenpora, NOC Indonesia dan stakeholder lainnya terus mendukung upaya kita agar bisa mengikuti kejuaraan-kejuaraan Asia, multieven lainnya hingga ke tingkat Piala Dunia," kata Prima.

Lebih lanjut, ia mengatakan mengalahkan Malaysia adalah sebuah pencapaian positif.  Apalagi, negeri jiran itu dikenal sebagai raja hoki di Asia Tenggara dan diperkuat para pemain yang turun di Olimpiade.

"Kami bangga bahwa perjuangan kami selama ini tak sia-sia. Ini tentu berkat kerja keras tim dan dukungan semua pihak  selama kami menjalani pelatnas," Kapten  Prima.

"Tentu ini memacu semangat kami untuk mendapatkan hasil terbaik di hari kedepannya. Saya yakin tim hoki Indonesia bisa memberikan hasil positif kedepannya," ujar Prima. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya