PRSI Gelar Nika Master Swimming Championship, Ada Peserta Berusia 83 Tahun

Nika Master Swimming Championship 2023
Sumber :
  • PRSI

VIVA Sport – Kejuaraan renang master bertajuk 1st Nika Master Swimming Championship 2023 diikuti ratusan perenang muda dan tua yang berlangsung di Kolam Renang Nika dengan panjang 25 meter, Bintaro, Minggu, 28 Mei 2023. 

Langkah Besar! Pertamina dan Bakrie Group Siap Kembangkan Infrastruktur Riset Berkelanjutan di IKN

Renang master adalah lomba renang yang diikuti mulai usia 18 tahun ke atas. Kolam renang Nika 25 meter ini punya keistimewaan semi indoor dengan atap, juga punya lima lintasan dengan kedalaman 3 meter. 

"PB PRSI dibawah kepengurusan Anindya Bakrie sangat aktif mempopulerkan renang master. Diharapkan dengan adanya 1st NIKA Masters Swimming di kolam 25 meter ini populasi renang master makin bertambah. 
Kolam Nika ini bisa jadi contoh bagi daerah2 untuk membangun kolam 25 meter di berbagai daerah untuk menjadi tempat pemassalan dan pembinaan olahraga renang," ujar Waketum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Pada ajang renang master ini diikuti 150 peserta dengan perenang tertua, yang tercatat di putri ada Kartini Sapardjiman berusia 83 tahun dan juga Rahardjo berusia 83 tahun. Turut hadir dalam press conference Agus Harianto berusia 70 tahun, Rara Nastiti dan Kabid Renang Master PB PRSI, Anita Sapardjiman serta Kabid Media & Promosi, Zoraya Perucha. 

Dijelaskan Ketua Panitia, Rara Nastiti ada 10 orang yang berusia diatas 80 tahun. "Ini rekor tersendiri, banyak perenang diatas usia 80 tahun. Artinya akan menarik event ini, karena kolamnya 25 meter jadi banyak peminatnya. Lomba akan dimulai sejak pukul 08.00-17.00 WIB," jelas Rara.  

Anindya Bakrie Hopes for More Athletes Heading to Paris Olympics

Ditambahkan Anita Sapardjiman, PB PRSI akan kembali mencanangkan program ayo Berenang pada Munasus PB PRSI Juli mendatang. "Tentu dengan adanya kejuaraan di Nika akan mendorong masyarakat untuk menggemari olahraga berenang. Di renang master ini punya motto fit, fun & friendship. Ibu saya usia 83 tahun, masih terus berenang dan bersyukur kesehatannya terjaga hingga kini. Selain itu kita bisa bahagia karena banyak pertemanan," terang Anita. 

"Dengan adanya master, saya bersyukur pada Allah. cucu dan cicit saya pakai medali yang saya dapat. Jadi renang ini bisa memotivasi orang-orang terdekat saya," ujar Kartini. 

"Bergembira dengan adanya fasilitas kolam renang seperti Nika kolam 25 meter. Terus terang saya olahraga berbaga macam cabor. Setelah pensiun saya justru hobi di renang, dan pertemanannya sangat kuat. Ibu Anita yang selalu rajin me-remind kita," ujarnya Raharjo yang berusia 83 tahun. 

Pelatih polo air putra, Nikola Milosavlejic,  Ketua Dewan Pembina PB PRSI Sandiaga Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie rencananya jg akan ikut berlomba.

"Kita juga undang seluruh peraih medali di ajang SEA Games seperti Siman Sudartawa, Joe Aditya, Erick Ahmad Fathoni, Angel Gabriel Yus, Dwiki Raharjo dan lainnya untuk melakukan eksibisi" imbuh Harlin. 

Ajang 1st Nika Masters Swimming ini diharapkan bisa berkontribusi untuk meningkatkan popularitas cabang olahraga renang dan Alhamdulillah dengan cukup maraknya sponsor yang berpartisipasi, diharapkan juga bisa mendukung event2 akuatik lainnya dan dapat membangkitkan dan menggairahkan industri olahraga renang," ujar Harlin.

Dalam 1st Nika Master Swimming Championship di kolam 25 meter ada 14 nomor yang dipertandingkan.  

Nomor lomba : 
Pukul 08.00-12.00 WIB
1. 200 M freestyle  
2. 25 M breastoke 
3. 50 M backstroke 
4. 4x25 M freestyle
5. 25 M butterfly 
6. 50 M freestyle 
7. 4x25 M medley (mix)

Pukul 13.30 - 17.30 WIB 
8. 100 M individual medley 
9. 50 M breaststroke 
10. 25 M backstroke 
11. 4x25 M frestyle (mix) 
12. 50 M butterfly 
13. 25 M freestyle 
14. 4x25 M medley (men & woman)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya