Indonesia Ditargetkan Juara Umum ASEAN Para Games 2023

Kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games 2023
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo melepas kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2023 Kamboja di Balai Kota Solo, Senin, 29 Mei 2023. Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu menargetkan Indonesia bisa menjadi juara umum dalam pesta olahraga atlet-atlet penyandang disabilitas di kawasan Asia Tenggara.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Ratusan atlet National Paralympic Committe (NPC) Indonesia yang bakal bertanding di ASEAN Para Games 2023 berkumpul di Balai Kota Solo. Para atlet tersebut berkumpul untuk mengikuti pengukuhan kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023. Menpora didaulat menjadi pembina upacara saat pengukuhan yang juga dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Dalam sambutannya Menpora Dito Ariotedjo mengatakan kekuatan kontingen Indonesia saat in merupakan komposisi terbaik untuk dikirimkan menuju ASEAN Para Games XII di Kamboja. Menurutnya, kontingen Indonesia akan mengikuti sebanyak 12 cabang olahraga dari total 14 cabang olahraya yang dipertandingkan di ASEAN Para Games.

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

“Jumlah atlet yang mengikuti sebanyak 268 atlet didampingi manajer, pelatih, asisten pelatih dan ofisial sebanyak 154 orang. Serta dukungan tim headquarter dan tenaga keolahragaan yang terdiri dari dokter, paramedis dan lainnya sebanyak 78 orang dengan total kontingen 500 orang,” kata dia di Balai Kota Solo, Senin, 29 Mei 2023.

Kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games 2023

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
PSSI Tak Segera Perpanjang Kontrak Shin Tae Yong, Begini Tanggapan Menpora

Selanjutnya, Menpora menyatakan bahwa dengan jumlah kontingan 500 orang merupakan tim yang hebat lantaran kontingen Indonesia ditargetkan meraih sebanyak 121 medali emas, 90 medali perak dan 87 medali perunggu. Jumlah target tersebut mengalahkan kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja yang mencapai 599 dengan memperoleh 87 medali emas.

“Jadi ini kalau 500 kontingen dan target 121 medali ini berarti sudah memiliki target yang harus kita raih dan membanggakan. Kami Kementeria Pemuda dan Olahraga bersama NCP Indonesia serta seluruh lapisan masyrakat Indonesia mendukung perjuangan kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games XII di Kamboja,” harapnya.

Sementara itu Chie de Mission (CdM) Kontingen Indonesia ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Andi Herman mengatakan Indonesia mengirim sebanyak 268 atlet dengan mengikuti 12 cabang olahraga. Adapun cabang olahraga yang diikuti meliputi paraetletik, parabulutangkis, paratenis meja, pararenang, paraangkat berat, bocchia, judo tuna netra, paracatur, voli duduk, sepakbola CP, goalball dan basket kursi roda.

"Maka secara realistis dan sekaligus sebagai motivasi para atlet tetal ditetapkan Indonesia adalah meraih juara umum ASEAN Para Games XII 2023 Tahun 2023 di Kamboja,” kata Andi Herman.

Prosesi pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia itu ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Menpora kepada CdM Kontingen Indonesia ASEAN Para Games 2023 Andi Herman. Setelah itu perwakilan atlet yang akan bertanding di Kamboja mencium Bendera Merah Putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya