Bahas Anggaran, Kemenpora Rapat Bersama Komisi X DPR RI

Gedung MPR, DPR dan DPD. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA Sport - Seluruh jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjalani rapat bersama Komisi X Dewan Perwakilan Rapat Republik Indonesia (DPR RI) membahas anggaran kementerian di gedung Nusantara I, DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu 31 Mei 2023.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dalam rapat tersebut, Menpora Dito Ariotedjo memaparkan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (RKA-K/L) yang difokuskan untuk pengembangan cabang-cabang olahraga dan pengembangan kepemudaan.

Sementara itu, Komisi X DPR RI menyatakan pagu indikatif Kemenpora untuk tahun anggaran 2024 bakal dikucurkan senilai Rp2,19 triliun atau naik dibanding pagu indikatif 2023 senilai Rp1,6 triliun.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Kenaikan tersebut diberikan karena Kemenpora bakal menghadapi sejumlah agenda dan kegiatan internasional pada 2024 seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara dan Olimpiade Paris 2024.

Selain membahas rencana anggaran, Komisi X DPR RI juga mengapresiasi capaian prestasi Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja karena telah melampaui target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

"Kemenpora sudah mengawal dengan baik mendapatkan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Melampaui target (yang diberikan Presiden) 69 emas," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam rapat.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda

Photo :
  • DPR RI

Syaiful juga menginginkan Kemenpora melakukan percepatan agenda desain besar pemberdayaan kepemudaan Indonesia.

"Komisi X mencatat di bidang kepemudaan perlunya percepatan (pemberdayaan) desain besar kepemudaan yang sudah sempat direncanakan," kata Syaiful.

Selain itu, Syaiful menyebut Kemenpora bisa menjadi garda terdepan untuk pengembangan kepemudaan dan organisasi-organisasi kepemudaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

"Kemenpora bisa menjadi garda terdepan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan mengembangkan organisasi-organisasi kepemudaan," katanya. (Ant)

Menpora Dito Ariotedjo

Photo :
  • Kemenpora
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya