Diikuti Pesepeda Qatar dan Indonesia, CultuRide Jadi Jembatan Kerja Sama 2 Negara

Ratusan pesepeda dari Qatar dan Indonesia mengikuti CultuRide
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo

VIVA Sport – Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture menyajikan sebuah selebrasi budaya,
sejarah dan toleransi beragama dalam acara bertajuk CultuRide yang digelar Rabu 7 Juni 2023. CultureRide sendiri merupakan ajang bersepeda yang diikuti oleh lebih dari 100 pesepeda gabungan dari Qatar dan Indonesia.

Ajang Culturide ini mengambil rute awal dari Benteng Vredeburg Yogyakarta dan finish di Candi Borobudur, Magelang, Jaw Tengah. Ratusan pesepeda dari dua negara ini disuguhi rute sarat sejarah.

Diawali dari Benteng Vredeburg yang merupakan salah satu bangunan kuno era Belanda yang dibangun di Kota Yogyakarta, para pesepeda kemudian melewati Selokan Mataram. SelokN Mataram adalah saluran air sepanjang 30,8 km yang diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang hingga kini amat berarti bagi penduduk Yogyakarta dengan mengairi 15.734 hektar persawahan di Yogyakarta.

Piala Asia U-23: Timnas Indonesia Satu-satunya Debutan, 5 Tim Pernah Rasakan Juara

Ratusan

Photo :
  • 1487010

Selokan Mataram menjadi salah satu prasasti keampuhan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB IX saat masa penjajahan Jepang. Selokan Mataram ini dibangun oleh masyarakat Yogyakarta untuk menghindari dikirim ke luar daerah untuk kerja paksa atau Romusha.

Usai menikmati keindahan rute di daerah Kulon Progo yang dipenuhi dengan area persawahan, para pesepeda dari Qatar dan Indonesia setelahnya diajak untuk melihat keagungan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yaitu Candi Borobudur dan Candi Mendut. Dua candi ini berdiri sekitar abad 8 yang menceritakan indahnya toleransi beragama.

State Minister Qatar, Dr Hamad bin Abdulaziz Al-Kawari yang mengulas pesan dari HE Sheikha Al Mayassa bint Hamad bin Khalifa Al Thani, CEO dari Qatar Museums menyatakan apreasiasi terhadap pelaksanaan CultuRide sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture.

Hamad menggarisbawahi bahwa moto bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika adalah satu bentuk toleransi yang hingga kini tercermin dalam kehidupan beragama dari bangsa Indonesia yang mayoritasnya beragama Islam.

“Pemahaman yang lebih dalam tidak hanya dari sisi budaya saja karena--hubungan Qatar dan Indonesia telah terjadi sejak lama karena kita sama sama negara berpenduduk mayoritas Islam- akan tetapi juga penjajakan kerjasama berbagai bidang," ujar Hamad di Candi Borobudur, Rabu 7 Juni 2023.

"Salah satunya bidang ekonomi kreatif sehingga hubungan kita ke depan akan semakin baik dalam berbagai aspek dan berbagai kerjasama di bidang lainnya. Ini adalah satu titik awal kerjasama yang erat,” jelas Hamad.

Sedangkan Direktur Timur Tengah dari Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Bagus Hendraning Kobarsyih mengapresiasi antusiasme pesepeda baik dari Qatar maupun Indonesia, serta terobosan dan kerja keras panitia yang tercakup dalam Years of Culture.

“Ini adalah awal momen penting dalam kerjasama yang lebih dalam antara Qatar dan indonesia dan harus senantiasa dikembangkan dalam bentuk kerjasama lain yang lebih konkrit tidak hanya dari sisi budaya, misalnya turisme, perdagangan dan investasi,” jelas Bagus.

Salah satu atlit sepeda dan public figure serta TV personality yang memimpin rombongan komunitas pesepeda Qatar dalam kegiatan CultuRide Ali bin Towar menyatakan kekagumannya atas keramahan masyarakat Indonesia yang ia temui sepanjang jalan dari Vredeburg sampai ke Candi Borobudur.

Inul Daratista Nyekar ke Makam Mertua yang Non Muslim, Netizen Pertanyakan Agama Adam Suseno

“ini adalah satu pengalaman terjadinya persahabatan tercepat yang saya alami. Masyarakat Indonesia menyambut kami dengan penuh keramahan. Kami akan melanjutkan perjalanan kami setelah acara ini dengan bersepeda untuk mengenal Indonesia lebih baik lagi,” jelas Ali.

Sedangkan Ketua Federasi Sepeda Qatar, dr. Mohammed Jaham Al Kuwari menyatakan acara CultuRide ini mencerminkan nilai yang sesungguhnya dari kata pertukaran budaya dan persahabatan serta awal dari kerjasama yang lebih baik. 

Geopark Maros Pangkep, Beranda bagi Keajaiban Geologi dan Budaya di Sulawesi Selatan
Jayabaya

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Jayabaya, seorang Raja Kediri terkenal atas ramalannya yang mengagumkan. Legenda menyebut bahwa Jangka Jayabaya, yang dipercaya sebagai hasil tulisan Prabu Jayabaya

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024