ASEAN Para Games 2023 Resmi Ditutup, Lagu Persaudaraan Dinyanyikan

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2023
Upacara penutupan ASEAN Para Games 2023
Sumber :
  • Antara/Aditya Ramadhan

VIVA Sport – Sejumlah lagu yang diperdengarkan pada Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2023 di Stadion Nasional Morodok Techo Phnom Penh Kamboja, Jumat, 9 Juni 2023 menyenandungkan tali persaudaraan dan persatuan negara-negara Asia Tenggara yang berpartisipasi pada kompetisi olahraga tersebut.

Padi Reborn Tampil Pertama Kali di Pestapora 2023, Penonton Asyik Nostalgia

Lagu-lagu tersebut dibawakan dengan musik tradisional khas Kamboja serta dengan musik bergenre pop yang modern.

Pertunjukan pada Upacara Penutupan ASEAN Para Games ke-12 dimulai dengan tari-tarian yang diiringi oleh musik Kamboja yang liriknya bertemakan persatuan dari negara-negara Asia Tenggara.

Tak Lekang Waktu saat Ungu Tampil di Pestapora 2023

"Kita kuat karena kita menjaga persatuan dan memiliki kebanggaan bersama," tulis terjemahan lagu yang tampil pada layar besar.

Dua

Dua

Photo :
  • 1486150
Kata Jokowi Soal Lagu Igor Saykoji Tentang Ibu Kota Negara

Saat lagu tentang persatuan ASEAN dinyanyikan, penari anak-anak laki-laki dan perempuan membawa lambang hati berwarna merah muda melambangkan persatuan yang penuh kasih sayang di Asia Tenggara.

Sedangkan lagu kedua bertemakan kebanggaan Kamboja yang semakin hidup lantaran didatangi oleh negara-negara Asia Tenggara lainnya, mengingat negara tersebut baru pertama kalinya menggelar kompetisi SEA Games dan ASEAN Para Games sepanjang sejarahnya.

Ajang olahraga penyandang disabilitas terbesar se-Asia Tenggara, ASEAN Para Games ke-12 secara resmi ditutup. APG 2023 digelar di Kamboja sejak 3 hingga 9 Juni dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga disabilitas.

Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya