Persiapan PON 2024, Sambo Sumut Keluhkan Tempat dan Peralatan Latihan

Persambi Sumatra Utara saat menggelar jumpa pers persiapan PON 2024
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Sumut – Sambo Sumut optimis meraih gelar juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024, dengan meraih 9 medali emas dari 18 nomor yang dipertandingkan. Target besar itu, Sambo Sumut keluhkan tempat dan peralatan latihan yang minim.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Ketua Umum Pengprov Perkumpulan Sambo Indonesia (Persambi) Sumatra Utara (Sumut), Jansa Putra Nainggolan melalui pengurus Bidang Organisasi, M Muqsit Redha SPd mengatakan, target juara umum di PON 2024 itu menilik catatan prestasi atlet yang terus mengalami peningkatan signifikan.

"Kami sangat optimis target meraih 9 emas dari total 18 emas yang diperebutkan sekaligus menjadi juara umum PON 2024 bisa tercapai," ungkap Muqsit di Posko Publikasi PON 2024 Wilayah Sumut di Kantor Dispora Sumut, Jalan Pancing, dikutip VIVA, Selasa 18 Juli 2023.

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Persambi Sumatra Utara saat menggelar jumpa pers persiapan PON 2024

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Didampingi Pelatih Teknik Drs Anggi Muda Siregar, Pelatih Fisik Filli Azandi SPd MOr dan Wasping KONI Sumut untuk cabor sambo Dr Sanusi Hasibuan MKes, Muqsit lebih lanjut mengatakan dalam mengikuti seri Kejurnas di tahun 2022 prestasi atlet terus meningkat.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

"Pada Kejurnas Seri I, atlet kita berhasil meraih 2 medali emas, Kejurnas Seri II menyabet 4 emas dan Kejurnas Seri III prestasi kita melejit meraih 9 emas sekaligus menjadi juara umum ketika itu. Sebelumnya pada PON Papua di tahun 2021, dimana sambo masih menjadi cabor eksibisi, atlet kita berhasil meraih 3 medali emas," beber Muqsit.

Persambi Sumut, kata Muqsit, sangat yakin target 9 emas bisa terwujud. Terlebih Sumut akan bertindak sebagai tuan rumah, sehingga motivasi atlet untuk berprestasi akan lebih meningkat.

"Sambo ini cabor baru dan untuk kali pertama dipertandingkan secara resmi di PON 2024. Harapan kami ke depan, Sumut akan menjadi kiblatnya olahraga sambo di Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut Muqsit mengatakan, saat ini ada 18 atlet sambo Sumut yang mengikuti Pelatda dengan rincian 9 atlet kategori super prioritas, 6 atlet prioritas dan 2 atlet kategori madya.

"Atlet kita sedang persiapan mengikuti Kejurnas di Karawang pada 21-22 Juli 2023. Mudah-mudahan prestasinya kembali maksimal," tambahnya.

Di sisi lain, dengan mengusung target maksimal di PON 2024, pengurus Persambi Sumut sangat berharap dukungan penyediaan venue dan peralatan latihan atlet. Mengingat gedung boling yang selama ini menjadi tempat latihan atlet sambo tidak bisa lagi dipergunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya