Edisi ke-27, Kejuaraan Dunia Golfpreneur Kembali di Gelar di Jakarta

Dua pegolf Thailand Suvichaya Vinijchaitham dan Parin Sarasmut
Sumber :
  • Ciputra Golfpreneur Foundation

VIVA – Kejuaraan Golfpreneur Junior World Championship siap digelar kembali di Damai Indah Golf, PIK Course. Ajang tersebut akan berlangsung pada tanggal 12-14 Juni 2024.

Atlet Olimpiade Pertama Palestina Meninggal Dunia di Gaza Karena Kurangnya Perawatan Medis

Ajang itu selenggarakan oleh Ciputra Golfpreneur Foundation (CGF). Pendiri Ketua Dewan Pembina Ciputra Golfpreneur Foundation Budiarsa Sastrawinata mengatakan ajang itu tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-27. Dia mengatakan sangat antusias menggelar ajang tersebut

"Kami merasa bangga dan selalu bersemangat dapat menyelenggarakan Golfpreneur Junior World Championship dengan konsisten setiap tahun," ujar Budiarsa Sastrawinata dalam keterangan pers.

Peringkat Daya Saing Indonesia Naik ke Posisi 27 Dunia, Lampaui Jepang hingga Inggris

"Sejak diprakarsai oleh Almarhum Dr. (HC) Ir. Ciputra 31 tahun silam, kejuaraan ini telah ikut mewarnai perjalanan karier bintang-bintang golf kelas dunia masa kini," tambahnya.

Dia mengatakan tidak hanya ingin menegaskan komitmen untuk ikut memberi kontribusi bagi pertumbuhan golf di Indonesia, tapi juga ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat. Hal itu khususnya masyarakat golf di Indonesia.

5 Ribu Rekening Terkait Judi Online Diblokir, Uangnya Mengalir ke 20 Negara

"Untuk mendukung penyelenggaraan kejuaraan ini sebagai bagian dari upaya melahirkan juara-juara masa depan dari Indonesia untuk berkiprah di kejuaraan golf internasional," katanya.

Setelah pertama kali digelar sebagai ajang kejuaraan nasional pada tahun 1993, kejuaraan ini mengalami perkembangan yang signifikan sejak tahun 2004. Saat itu status kejuaraan tersebut meningkat menjadi kejuaraan regional dengan negara-negara Asia Tenggara mulai mengirimkan perwakilan mereka.

Pada tahun berikutnya, beberapa negara di luar Asia Tenggara mulai ikut berpartisipasi dan pada tahun 2006 negara-negara Asia lainnya mulai menjadi peserta reguler. Sampai kemudian pada tahun 2007 ajang ini resmi menjadi kejuaraan dunia yang diikuti oleh negara-negara dari lima benua.

Edisi ke-27 ini juga kembali mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri. Jadi, secara resmi nama kejuaraan ini pun menjadi Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship.

"Komitmen kami untuk mendukung olahraga ini mencerminkan visi kami dalam memajukan bakat-bakat muda dan membantu mereka mencapai panggung internasional," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.


Pada penyelenggaraan tahun 2023 lalu, dua pegolf Thailand Suvichaya Vinijchaitham dan Parin Sarasmut berhasil menjuarai Best Gross Overall, masing-masing dengan skor total 7-under 209 dan 12-under 204. 

Adapun pegolf tuan rumah Teuku Husein M. Danindra (Boys B), Elaine Widjaja (Girls A), dan Annabelle Leimena (Girls C) berhasil memenangkan kategori mereka masing-masing.

Pada tahun ini, Best Gross Overall dari divisi putra dan putri akan mendapat kesempatan untuk mengikuti sejumlah kejuaraan internasional bergengsi, di antaranya Junior World Cup Invitationals at Kingsmill pada bulan Juli, AJGA Thailand pada bulan November, dan FCG Callaway World Championship 2025.

Adapun Best Gross Overall putra juga berhak mengikuti Ciputra Golfpreneur Tournament, ajang Asian Development Tour yang akan digelar pada bulan Agustus nanti.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya