Pj Gubernur Bali Dukung Pelaksanaan Southeast Asia Open Water Swimming Championship 2024

Audiensi Pengurus Besar Akuatik Indonesia dengan Pj.Gubernur Bali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

BALI – Pulau Bali kembali terpilih menjadi tuan rumah gelaran internasional Second Southeast Asia Open Water Swimming Championship 2024 dan Festival Open Water Swimming Indonesia.  Kejuaraan Renang Perairan Terbuka Asia Tenggara itu akan digelar di Pantai Jimbaran, Bali pada 28-30 Juni 2024.

Polo Air Jadi Cabor Pertama yang Dipertandingkan Kolam Renang Selayang di PON 2024

Pj Gubernur Bali, S. M. Mahendra Jaya mendukung pelaksanaan Southeast Asia OWS Championship 2024 yang akan dilaksanakan di Bali. Kegiatan ini merupakan kejuaraan renang di laut terbuka untuk kalangan perenang professional dan masyarakat umum.

Audiensi pengurus Akuatik Indonesia dengan Pj.Gubernur Bali

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
Berstandar Nasional, Kolam Renang Selayang Medan Jadi Venue PON 2024

“Saya terima kasih sekali Bali dijadikan tempat pelaksanaan event ini. Pemerintah Daerah merasa terhormat Bali dipilih menjadi tempat event kejuaraan internasional renang di laut dan kami berupaya akan mendukung semampunya,” kata Mahendra Jaya saat menerima audiensi Pengurus Besar (PB) Akuatik Indonesia pada Rabu, 19 Juni 2024.

Ia menyampaikan event internasional seperti ini tidak hanya dapat menaikkan nama Bali di kancah internasional namun side effectnya sangat bagus karena dapat membantu perekonomian masyarakat lokal Bali.

PB Akuatik Indonesia Tinjau Venue PON 2024 di Kolam Renang Selayang Medan

"Tidak bisa dipungkiri dalam pelaksanaannya peserta pasti akan berbelanja dan berwisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal," ujarnya.

Menurutnya, Southeast Asia OWS Championship 2024 yang melibatkan semua pihak  merupakan bentuk Ngrombo untuk saling membantu.

“Berarti ini event kalau saya sebutnya Ngrombo, ramai-ramai saling mensupport, ketika semua dilibatkan akan semakin bagus. Akan merasa bangga akan kegiatan ini. Ada rasa memiliki,” jelasnya.

Mahendra Jaya berharap kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahun dan akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh PB Akuatik Indonesia di Bali. Ia berjanji akan membantu mempromosikan kegiatan ini sembari menambahkan Southeast Asia Open Championship 2024 dalam Calendar of Event Bali 2024.

Mahendra Jaya berharap akan ada event-event olahraga internasional lainnya yang rutin dilaksanakan di Bali sehingga wisata olahraga di Bali semakin popular.

Wakil Ketua Umum PB Akuatik Indonesia Harlin E. Rahardjo menyampaikan, kegiatan ini selain melibatkan berbagai stakeholder pemerintah dan swasta namun juga melibatkan desa adat serta masyarakat lokal khususnya dalam hal keamanannya.

"Bahkan perahu-perahu nelayan juga dikerahkan untuk membantu melancarkan pelaksanaan kegiatan tersebut," kata Harlin.

Second Southeast Asia Open Water Swimming Championship 2024 dan Festival Open Water Swimming Indonesia selain melibatkan berbagai stakeholder pemerintah dan swasta namun juga melibatkan desa adat serta masyarakat lokal, khususnya dalam hal keamanannya.

"Bahkan perahu-perahu nelayan juga di kerahkan untuk membantu melancarkan pelaksanaan kegiatan tersebut," kata Harlin.

Dikatakan Harlin, kejuaraan renang perairan terbuka Second Southeast Asia Open Water Swimming Championship 2024 diikuti oleh beberapa negara antara lain Singapura, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina.

Sedangkan peserta Festival OWS Indonesia untuk umum antara lain beberapa perenang internasional dari negara China, Hong Kong, Makau,  Australia dan negara Eropa lainnya yang sedang berada di Bali.

Peserta Asia OWS Championship 2024  yang telah mendaftar sebanyak 90 atlit dan sekitar 50 official. Sedangkan untuk Festival OWS Indonesia yang umum hingga saat ini sudah terdaftar sekitar 330 peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya