Indonesia Tuan Rumah Liga Primer Karate

Ilustrasi Olahraga Karate.
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVAnews – Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan karate internasional tahun 2012 nanti. PB Forki menilai ini adalah kesempatan baik para karateka untuk membuktikan kemampuan mereka.

Kejuaraan tersebut adalah ‘Liga Primer Karate.’ Tahun depan ajang ini akan diikuti oleh sepuluh negara.

“Kami akan menyelenggarakannya tahun 2012 nanti. Peluang emas bagi Indonesia untuk berprestasi,” kata Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji Hendardji saat pemberian penghargaan kepada 44 tokoh nasional dalam rangka HUT ke-47 Forki di Lapangan sepak bola Gandhi Memorial School Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 9 April 2011.

Menurut Hendardji yang juga merupakan Presiden Federasi Karate Asia Tenggara, kejuaraan itu merupakan suatu terobosan besar sepanjang sejarah Forki yang berdiri pada 10 Maret 1964. Sebab, ajang ini akan membawa karateka Indonesia ke arah lebih profesional.

Ia menambahkan Liga Primer itu sudah digelar tahun ini di mana Turki dan Prancis jadi tuan rumah. Sementara tahun depan, giliran Indonesia dan China yang menjadi penyelenggara.

"Sepuluh negara yang akan menjadi tuan rumah Liga Primer nanti akan mengadakan rapat untuk membahas tentang penyelenggaraan kompetisi ini," katanya.

Yang jelas, Liga Primer Karate dijadwalkan berlangsung setiap bulan, dan akan melibatkan 186 negara anggota Federasi Karate Dunia (WKF).

Pada peringatan HUT ke-47, Forki menggelar apel akbar yang diikuti sekitarlima ribu karateka se-Jabotabek. Di kesempatan yang sama juga dilakukan pemberian penghargaan 44 tokoh nasional yang berjasa terhadap karate.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Para penerima penghargaan itu di antaranya Menpora Andi Mallarangeng, Mendiknas Muhammad Nuh, Mendagri Gamawan Fauzi, KSAD George Toisutta, dan Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo. Sementara dari kalangan mantan ketua  umum mulai Widjojo Sujono (1972-1976), Wiranto (1997-2001), sampai Luhut Binsar Panjaitan, ketua umum terakhir yang digantikan Hendardji.

Direktur Bank BRI Sofyan Basir juga mendapatkan penghargaan sama karena dinilai telah berjasa membantu perkembangan karate Indonesia. Terutama, karena Bank BRI tampil sebagai bapak angkat cabang karate dalam menyukseskan SEA Games 2011.

Sementara tokoh karate Oesman Sapta mendapat penghargaan karena jasa besarnya terhadap karate Indonesia baik sebagai Ketua Umum Perguruan KKI maupun sebagai sponsor di kejuaraan-kejuaraan Forki, termasuk Kejuaraan Nasional OSO Cup 2011.  (Forki)

VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024