15 Tim Balap Asing Ikut Tour de Singkarak

Tour De Singkarak
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Sebanyak 15 tim asal mancanegara akan bersaing dengan 10 tim nasional untuk menjadi yang terbaik dalam ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2011 pada 6-12 Juni 2011. Para peserta akan melahap tujuh stage TdS sepanjang 760,3 kilometer yang akan menguji stamina dan strategi mereka.

Tahun ini, peserta akan melintasi jalur beragam dari tanjakan dan turunan yang ada di 12 kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Stage pertama akan digelar di Pantai Padang dengan memperlombakan kelas sirkuit race. “Sejauh ini, persiapan sudah mulai rampung termasuk jalur yang akan dilewati peserta TdS nantinya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Burhasman Bur, Jumat, 27 Mei 2011.

Tahun ini, rute TdS bertambah dibanding rute sebelumnya. Etape IV dan etape V dari Bukittinggi menuju Lembah Harau, Kabupaten 50 Kota dilanjutkan ke Sawahlunto keesokan harinya merupakan etape tambahan yang sebelumnya tidak diperlombakan.

Menurut Burhasman, pihaknya telah mengantisipasi kemungkinan lonjakan wisatawan pada event balap sepeda yang merupakan ajang promosi wisata Sumbar. “Fasilitas kamar hotel cukup untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan wisatawan,” ujarnya. Tercatat sebanyak 225 pembalap akan bersaing di TdS tahun ini.

Diperpanjangnya rute yang dilalui para pebalap sepeda ini menjadi tantangan baru bagi para peserta. Tahun lalu, TdS hanya menempuh jarak sejauh 551,7 km.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

Dari rute TdS tahun ini, etape ketiga dari Pariaman menuju Bukittinggi menjadi adu kemampuan tanjakan bagi para pebalap nasional maupun internasional yang berlaga tahun ini. Para pebalap akan melahap tanjakan Kelok 44 yang diperkirakan menjadi rute tersulit tahun ini.

Tahun lalu, pebalap nasional Usman Ali dari United Bike Kencana menjadi 'Raja Tanjakan' mengalahkan sejumlah pebalap asal Iran. Pebalap Iran Ghader Mizbani dari Tabritz Petrochemical Cycling Team merajai ajang TdS sejak mulai diperlombakan 2009 lalu. (art)

Berikut Etape TdS tahun ini:

Etape I Padang

Etape II Padang menuju Pariaman

Etape III Pariaman—Bukittinggi

Etape IV Bukittinggi—Lembah Harau

Etape V Payakumbuh—Sawahlunto

Etape VI A Sawahlunto—Istano Basa Pagaruyuang

Etape VI B Istano Pagaruyuang—Padang Panjang

Etape VII A Padang Panjang—Danau Kembar

Etape VII B Danau Kembar—Danau Singkarak

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Laporan: Eri Naldi l Padang

VIVA Militer: Satu orang DPO pemberontak OPM menyerahkan diri ke prajurit TNI AD

Samson, Pemberontak OPM Penyerang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI AD

Samson Same menyatakan siap kembali ke pangkuan NKRI

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024