Gubernur Jatim Desak Wakil Mundur dari KONI

Irfan Hakim Bonceng Gus Ipul Keliling Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVAnews - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mendesak wakilnya, Saifullah Yusuf untuk mundur dari jabatan ketua KONI Jatim. Soekarwo beralasan Gus Ipul melanggar aturan yang dibuat oleh Mendagri Gamawan Fauzi dan KONI Pusat.

"Saya sarankan ke Mendagri dan Ketua Umum KONI. Kalau memang itu dilarang (rangkap jabatan, red) Gus Ipul harus mematuhi," kata Soekarwo, kepada wartawan di Surabaya, Selasa, 26 Juli 2011.

Soekarwo belum berani bicara siapa bakal pengganti Gus Ipul sebagai Ketua KONI Jatim, jika yang bersangkutan mundur. "Saya belum tahu itu, mundur saja belum kok bicara pengganti," lanjut Soekarwo.

Selain dilarang oleh Mendagri dan KONI Pusat, KPK sebelumnya juga menghimbau agar kepala daerah di Indonesia tidak menduduki jabatan di organisasi keolahragaan karena berpotensi memicu konflik kepentingan.

Saifullah Yusuf sendiri pernah menyatakan siap meletakkan jabatannya di KONI Jatim, jika ada ketentuan yang mengharuskan seperti itu.

"Soal itu, saya akan konsultasikan ke Ketua Umum KONI Jatim. Prinsipnya, saya ikuti aturan yang ada, kalau harus mundur saya tidak keberatan," kata Saifullah beberapa waktu lalu.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease
Galih Loss

Ucapan Ini yang Buat Galih Loss Ditangkap Polisi?

Kasus ini mencuat setelah konten yang dipublikasikan oleh akun TikTok milik Galih Loss @galihloss3 menuai kecaman, khususnya dari kalangan umat Islam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024